Tautan-tautan Akses

Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan


Minum kopi memperkecil risiko kematian dari penyakit apapun, termasuk penyakit jantung dan stroke (foto: dok).
Minum kopi memperkecil risiko kematian dari penyakit apapun, termasuk penyakit jantung dan stroke (foto: dok).

Kita sudah pernah mendengar sebelumnya, tapi penelitian baru menegaskan kembali bahwa kopi adalah minuman yang sehat. Namun, beberapa kebiasaan lain terkait dengan kebiasaan minum kopi ternyata tidak sehat.

Contoh terbaik dampak kopi di seluruh dunia baru-baru ini tampak di Shanghai, ibu kota tradisi minum teh China, di mana jaringan Starbucks yang berbasis di Amerika baru saja membuka kedai terbesarnya. Kedai Starbucks di Shanghai itu menempati ruang seluas 2.700 meter persegi dan mempekerjakan lebih dari 400 orang. Meskipun popularitas Starbucks bukan hanya manfaat kesehatan minum kopi, studi baru mengatakan hal itu tidak bisa dibantah.

"Ada beberapa manfaat pentingnya seperti memperkecil risiko kematian dari penyakit apapun, penyakit jantung dan stroke dan memperkecil risiko akan terkena penyakit jantung. Untuk mendapat manfaatnya secara maksimal diperlukan sekitar tiga sampai empat cangkir kopi per hari," kata Robin Poole dari Universitas Southampton, Inggris.

Para periset di Fakultas Kedokteran Universitas Southampton yang menganalisa hasil dari 201 studi sebelumnya mengenai dampak kopi mendapati bahwa minum kopi juga menurunkan risiko diabetes, penyakit liver, demensia bahkan beberapa jenis kanker.

Satu-satunya pengecualian adalah untuk wanita hamil atau mereka yang rentan terhadap patah tulang. Tapi para ilmuwan menunjukkan penelitian hanya tentang kopi, bukan dengan yang menyertainya.

"Ini bukan tentang gula, sirup dan biskuit serta kue dan kue keringnya. Dan kami akan menganjurkan orang yang sudah minum kopi dalam jumlah sedang, sekitar tiga atau empat cangkir per hari, untuk menikmatinya, tapi upayakan sesehat mungkin karena pesan-pesan kesehatan standar masih berlaku untuk hal-hal lainnya," tambah Poole.

Manfaat terbesar adalah dalam melawan penyakit liver sehingga peneliti merencanakan tes klinis menggunakan kopi sebagai pengobatan untuk sirosis. Tapi bagi sebagian pencinta kopi mungkin ada situasi lain yang memberi manfaat tambahan, minum kopi bersama hewan peliharaan disekitarnya.

"Hewan peliharaan bukan hanya baik untuk kesehatan kita, tapi juga baik untuk kesejahteraan kita, khususnya jika memilikinya di lingkungan usaha kecil di mana pelanggan akan tertarik untuk datang dan berinteraksi dengan anjing, dan ini bisa menjadi mencairkan suasana," kata Honey Langcaster.

Pemilik warung kopi swasta harus mencatat hal ini, memiliki hewan peliharaan di kafe bisa bermanfaat bagi bisnis dan juga pelanggan. [my/al]

XS
SM
MD
LG