Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Ketua Kampanye Trump Mengaku Tak Bersalah atas Tuduhan Baru


Mantan ketua kampanye Presiden Donald Trump, Paul Manafort meninggalkan pengadilan federal di Washington, DC, Rabu (28/2).

Mantan ketua kampanye Presiden Donald Trump, Paul Manafort, mengaku tidak bersalah atas tuduhan baru yang dikenakan terhadapnya pekan lalu oleh penyidik khusus Robert Mueller, yang menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilu Amerika.

Tanggal persidangan ditetapkan 17 September.

Tuduhan-tuduhan baru itu menuduh Manafort bersama Rick Gates, mantan mitra bisnis dan pembantu kampanye Trump membantu pencucian uang lebih dari 30 juta dolar melalui akun rahasianya di luar negeri dan "memanfaatkan kekayaannya di luar negeri untuk menikmati gaya hidup mewah di Amerika tanpa membayar pajak atas pendapatan itu."

Kedua tersangka menyamarkan uang yang diperoleh dari pekerjaan mereka di Ukraina sebagai "pinjaman" untuk menghindari pajak, dan mereka memalsukan dokumen keuangan untuk membesar-besarkan pendapatan mereka guna mendapat pinjaman tambahan.

Surat dakwaan itu mengatakan mereka menggunakan uang itu untuk membeli real estat, melakukan perbaikan rumah dan dalam kasus Gates, membayar uang sekolah anak-anaknya.

Gates pekan lalu mengaku bersalah melakukan penipuan keuangan dan berbohong kepada penyidik terkait upaya lobinya bagi bekas pemerintah Ukraina yang didukung Rusia sebelum berperan dalam kampanye Trump.

Mueller juga sudah mendapatkan pengakuan bersalah dari mantan penasihat keamanan nasional Trump, Michael Flynn, mantan penasihat urusan luar negeri, George Papadopoulos, dan mantan pengacara Belanda, Alex van der Zwaan, karena berbohong kepada penyidik. [my/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG