Tautan-tautan Akses

AS

Penyidik Khusus Mueller Usulkan Tanggal Persidangan Manafort 14 Mei


Mantan manajer kampanye Trump, Paul Manafort meninggalkan pengadilan federal di Washington DC (foto: dok).

Penyidik khusus Robert Mueller mengusulkan 14 Mei sebagai tanggal peradilan mantan manajer kampanye Trump, Paul Manafort, dan rekannya, Richard Gates, dengan tuduhan pencucian uang, penghindaran pajak, dan kegagalan mendaftar sebagai agen asing untuk pemerintah Ukraina.

Tanggal itu disebut dalam surat ke peradilan yang diserahkan Jumat (12/1) oleh tim Mueller, yang sedang menyelidiki tuduhan hubungan antara Rusia dan kampanye Donald Trump.

Sebelumnya, tim ini mengatakan telah menemukan lebih dari 590 ribu hal yang relevan dalam penyidikannya termasuk catatan keuangan, catatan pemasok yang disebut dalam tuduhan terhadap Manafort dan Gates, email, dan catatan bisnis. Mereka telah menggolongkan 2.200 dokumen sebagai penting.

Manafort dan Gates kedua-duanya tidak mengaku bersalah atas 12 butir tuduhan yang dilancarkan pemerintah pada Oktober. Keduanya dikenakan tahanan rumah karena dianggap berisiko melarikan diri. Uang jaminan yang ditetapkan agar Manafort tidak ditahan di penjara bernilai $ 10 juta, sementara untuk Gates bernilai $5 juta.

Keduanya dikenakan tuduhan setelah penyelidikan oleh tim Mueller memperoleh bukti Manafort berperan sebagai pelobi untuk sebuah partai yang bersimpati kepada Rusia di Ukraina. [ps/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG