Tautan-tautan Akses

Jumlah Lowongan Kerja di AS Stagnan pada Bulan September


Para pencari kerja AS antri untuk menghadiri bursa kerja di New York (foto: ilustrasi).

Jumlah lowongan pekerjaan di Amerika untuk September sama seperti bulan sebelumnya, antara lain karena restoran dan hotel menunda perekrutan karena adanya badai yang melanda Amerika.

Departemen Tenaga Kerja hari Selasa (7/11) mengatakan tersedia 6,09 juta lowongan pekerjaan pada akhir September, tidak jauh dari rekor tertinggi 6,14 juta pada bulan Juli. Jumlah lowongan di restoran dan hotel turun 111 ribu dari jumlah pada bulan Agustus. Itu mencerminkan kerusakan yang luas akibat Badai Harvey dan Irma, yang melanda banyak tempat liburan di Texas, Florida dan negara-negara bagian lain di bagian tenggara Amerika.

Secara keseluruhan, tutupnya ribuan tempat usaha, kemungkinan menunda perekrutan. Jumlah orang yang direkrut turun 2,7 persen menjadi 5,27 juta pada bulan September, terendah dalam lima bulan.

Di luar dampak badai, pasar kerja tetap sehat. Pekan lalu, menurut pemerintah, pengusaha membuka 261 ribu lowongan pekerjaan pada bulan Oktober. Itu antara lain mencerminkan pulihnya perekrutan setelah badai menyeret turun lowongan pekerjaan pada bulan September.

Angka bulan Oktober itu setelah dikurangi jumlah PHK, yang berhenti dan pensiun dari seluruh perekrutan. Data hari Selasa didapat dari survei Job Openings and Labor Turnover, disingkat JOLTS. Data itu lebih rinci dan memberi pandangan yang lebih penuh tentang pasar kerja daripada laporan pekerjaan bulanan.

Dua laporan itu memberi gambaran pengusaha yang kesulitan mengisi pekerjaan di pasar tenaga kerja yang ketat. Tingkat pengangguran turun menjadi 4,1 persen pada bulan Oktober, terendah dalam 17 tahun. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG