Tautan-tautan Akses

Bank Sentral AS Diperkirakan akan Pertahankan Suku Bunga Acuan


Gubernur Bank Sentral AS Janet Yellen ketika memberikan kesaksian di Capitol Hill, Washington, 12 Juli 2017 dihadapan Komite Jasa Keuangan.

Para pemimpin Bank Sentral Amerika diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan minggu ini, tetapi mereka akan mulai mengurangi program pembelian obligasi yang dulu digunakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masa lalu.

Gubenur Federal Reserve, Janet Yellen, dijadwalkan akan berbicara kepada media tentang keputusan itu pada Rabu siang (20/9), menyusul sebuah pertemuan untuk membahas strategi selama dua hari di Washington. Para ekonom dalam sebuah survei mengatakan mereka tidak mengharapkan akan menaikkan suku bunga kali ini.

Selama krisis finansial 2008, Washington memotong suku bunga acuan hingga mencapai hampir nol persen dalam upaya mendorong pertumbuhan dan menciptakan lapangan pekerjaan. Selama tahun-tahun berikutnya, kebijakan ini efektif dan berhasil mengurangi pengangguran sampai 4,4 persen. Tetapi sementara pengangguran berhasil diperbaiki, suku bunga acuan dinaikkan sedikit demi sedikit secara bertahap dan hingga kini masih di bawah rata-rata sepanjang sejarah ekonomi.

Upaya lainnya untuk menggairahkan pertumbuhan melibatkan pembelian kembali obligasi bernilai triliunan dolar. Fed diperkirakan akan secara bertahap memperkecil program ini dalam beberapa tahun mendatang. [jm]

XS
SM
MD
LG