Tautan-tautan Akses

Dampak Badai, Ekonomi AS Kehilangan 33 Ribu Lapangan Kerja


Badai Irma mengakibatkan banjir di kawasan perkebunan jeruk (sitrus) di negara bagian Florida (13/9). Akibat badai, AS kehilangan 33 ribu lapangan kerja bulan lalu.

Ekonomi Amerika kehilangan 33.000 pekerjaan bulan September, mencerminkan dampak badai yang menerjang Florida, Texas, Puerto Rico dan beberapa daerah lainnya.

Laporan hari Jumat (6/10) dari Departemen Perburuhan Amerika juga menyebutkan angka pengangguran turun sedikit menjadi 4,2 persen, angka pengangguran terendah sejak 2001.

Kalangan Ekonom mengatakan banyak pekerjaan yang lenyap itu dialami restoran-restoran dan bar di Florida di mana kerusakan akibat badai, pemadaman listrik, dan penutupan bandara udara merugikan bisnis.

Baru pertama kali dalam tujuh tahun ekonomi Amerika mengalami lenyapnya sejumlah lapangan kerja. Sampai bulan September, ekonomi AS telah menambah rata-rata lebih dari 17.000 lapangan kerja tiap bulan tahun ini.

Rebecca Henderson, kepala perusahaan Randstad, sebuah agen penerima tenaga kerja global yang melacak pengurangan dan penambahan lowongan kerja mengatakan pentingnya pembangunan kembali di berbagai bagian Texas, Florida, dan Puerto Rico sudah menciptakan lapangan kerja di bidang pembangunan dan berbagai bisnis lainnya. Henderson mengatakan dia memperkirakan permintaan bagi penambahan pekerja-sementara dalam bulan-bulan mendatang.

Data pemerintah menunjukkan 6,8 juta warga Amerika kini tidak bekerja atau menganggur, ini penurunan lebih dari 300.000 dalam setahun ini. Sebanyak 5,1 juta lagi ingin bekerja penuh waktu tapi hanya memperoleh pekerjaan paruh waktu. [mg/is]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG