Tautan-tautan Akses

Lokasi Limbah Beracun di Houston Kebanjiran, Namun Belum Tampak Bantuan dari EPA


ARSIP – Foto yang diambil tanggal 29 Agustus 2017 menunjukkan pabrik petrokimia TPC, dengan pemandangan Houston di latar belakang (foto: AP Photo/David J. Phillip, Arsip)
ARSIP – Foto yang diambil tanggal 29 Agustus 2017 menunjukkan pabrik petrokimia TPC, dengan pemandangan Houston di latar belakang (foto: AP Photo/David J. Phillip, Arsip)

Banjir paling tidak telah merendam lima lokasi limbah beracun yang paling terkontaminasi dekat Houston, yang menimbulkan kekhawatiran akan merebaknya polusi.

The Associated Press mengunjungi lokasi itu pekan lalu, beberapa di antaranya hanya dapat dicapai dengan perahu.

Lokasi tersebut telah lama menjadi pusat industri petrokimia Amerika, kawasan metropolitan Houston memiliki lebih dari selusin lokasi proyek Superfund, yang ditetapkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) sebagai tempat yang paling terkontaminasi di Amerika Serikat.

Tidak ada respon segera

Seorang wanita juru bicara EPA, Amy Graham, tidak dapat memberikan rinciannya dengan segera terkait dengan jadwal inspeksi para pakar dari lembaga itu ke lokasi-lokasi di kawasan Houston. Ia menyatakan hari Jumat bahwa staf telah memeriksa dua lokasi Proyek Superfund lain di Corpus Christi dan menemukan tidak ada kerusakan berarti.

“Kami akan mulai mengkaji lokasi-lokasi lainnya setelah banjir surut di kawasan-kawasan tersebut,” ujar Graham.

Di lokasi dekat Highland Acid it, di sebrang sungai San Jacinto yang meluap dari Houston, Dwight Chandler menenggak bir dan membersihkan lapisan lumpur yang menumpuk di rumahnya yang hancur. Ia khawatir banjir yang diakibatkan topan Harvey juga akan membawa polusi dari lokasi-lokasi Superfund yang hanya terletak beberapa blok jauhnya.

Pada tahun 1950-an, lubang tersebut terisi limbah beracun dan asam belerang akibat operasional industri minyak dan gas. Meskipun limbah berbahaya dan tanah dengan volume kurang lebih 16.820 meter kubik telah diangkat pada tahun 1980-an, namun lokasi itu masih dianggap masih berpotensi mencemari air tanah, dan EPA juga terus memantau sumur-sumur yang ada di sana.

Saat ia beranjak dewasa di Highlands, Chandler, yang sekarang berusia 62 tahun, mengatakan ia dan teman-temannya dahulu acap kali berenang di bekas lubang penggalian yang telah ditinggalkan.

Ayah saya dulu suka bercerita tentang burung yang beristirahat di sana dan terbang menjauh saat cairan asam melukai kaki-kaki burung itu,” ujarnya saat mengingat-mengingat peristiwa itu hari Kamis. “Kami sama sekali tidak menyadarinya.”

Lokasi Superfund jadi prioritas

Administrator EPA, Scott Pruit, mengatakan lokasi-lokasi Superfund menjadi prioritas, bahkan setelah ia mengambil langkah untuk menunda peraturan yang bertujuan untuk mencegah polusi udara dan air. Presiden Donald Trump mengusulkan pemotongan anggaran 2018 untuk progran Superfund sebesar 30 persen, meskipun pemotongan anggaran yang akan disetujui anggota kongres dari Partai Republik tidak akan sebanyak itu.

Sama seperti Trump, Pruitt telah menunjukkan keraguannya tentang prediksi yang dikemukakan para ilmuwan iklim tentang peluang udara dan permukaan air yang lebih hangat yang dapat menimbulkan topan yang menimbulkan banjir.

Di bawah pemerintahan Obama, EPA melakukan kajian di seluruh penjuru negeri tentang meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh lokasi-lokasi Superfund yang terancam akibat perubahan iklim, termasuk peningkatan permukaan air laut dan topan yang lebih kuat. Dari 1.600 lokasi yang dikaji sebagai bagian dari studi yang dilakukan pada tahun 2012, 521 di antaranya digolongkan sebagai lokasi yang berada dalam zona yang terancam banjir 100 tahun dan 500 tahun. Hampir 50 lokasi yang berada di kawasan pesisir juga termasuk lokasi yang rentan akan meningkatnya permukaan air laut.

Ancaman terhadap kesehatan manusia dan satwa liar yang ditimbulkan oleh meningkatnya permukaan air yang merendam lokasi-lokasi proyek Superfund sangat bervariasi tergantung dari unsur bahan pencemaran spesifik dan konsentrasi pencemar di masing-masing lokasi. Namun laporan EPA secara spefisik mencatat risiko yang mungkin akan dibawa oleh banjir dan bahan beracun di kawasan yang lebih luas.

Di Crosby, yang terletak di sebrang Sungai San Jacinto dari Houston, kawasan pemukiman dari kalangan pekerja yang terletak antara dua lokasi proyek Superfund, yaitu French LTD dan Sikes Disposal Pits. Kawasan itu dihancurkan oleh banjir akibat topan Harvey, dimana hanya satu rumah yang terleta di Hickory Lane yang masih berdiri.

Setelah banjir surut hari Jumat, sebuah lubang besar seukuran kolam renang menganga dan menelan dua mobil. Bau creosote yang tajam tercium di udara.

Di perusahaan Brio Refining Inc. yang berlokasi di Friendswood, banjir telah surut hari Sabtu. Ada endapan lumpur yang mengarah ke lokasi proyek Superfund. Perusahaan tersebut mengoperasikan fasilitas pemrosesan ulang kimiawi dan refinasi hingga tahun 1980-an yang telah menyebakan polusi pada tanah dan air tanah.

Benar-benar terendam

Proyek Superfund San Jacinto River Waste Pits benar-benar terendam air ketika reporter AP berkunjung ke lokasi itu hari Kamis. Menurut informasi dari laman web EPA, badan itu siap untuk mengambil keputusan final tahun ini tentang dana sebesar $97 juta yang diusulkan sebagai bagian upaya untuk membersihkan limbah beracun dari pabrik kertas yang beroperasi di sana pada tahun 1960-an.

Arus sungai yang mengalir deras melanda lokasi beracun hingga merusak bagian jembatan yang melintang di jalan Interstate 10 yang ditutup untuk lalu-lintas karena adanya kekhawatiran bahwa jembatan itu akan runtuh.

Tidak ada cara untuk dapat mengakses lokasi itu dengan segera untuk menentukan seberapa banyak tanah yang telah terkontaminasi yang telah dihanyutkan oleh lokasi itu. Menurut survei EPA tahun lalu, tanah dari beksar lubang pembuangan limbah mengandung dioksin dan racun-racun lain yang tidak mudah larut yang dicurigai menyebabkan cacat pada bayi yang baru lahir maupun kanker.

Kara Cook-Schultz, yang mempelajari lokasi-lokasi proyek Superfund untuk sebuah kelompok advokasi TexPIRG, mengatakan para pakar lingkungan telah memperingatkan selama bertahun-tahun tentang potensi banjir yang dapat merendam lokasi-lokasi proyek Superfund di Texas, khususnya kawasan San Jacinto Waste Pits.

“Apabila banjir menyebarluaskan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam lubang pembuangan limbah, maka bahan-bahan kimia berbahaya seperti dioksin dapat menyebar ke kawasan yang lebih luas di Houston,” ujar Cook-Schultz. “Lokasi-lokasi proyek Superfund diketahui sebagai tempat-tempat paling berbahaya di Amerika Serikat, dan mereka harus mendapat perlindungan yang memadai terhadap risiko banjir.” [ww/au]

XS
SM
MD
LG