Tautan-tautan Akses

AS

Lima Mantan Presiden AS Hadiri Konser Amal untuk Korban Badai


Dari kiri ke kanan: Mantan Presiden AS, Jimmy Carter, George H. W. Bush, George W. Bush, Barack Obama dan Bill Clinton yang menghadiri konser amal di College Station, Texas, 21 Oktober 2017.

Lima mantan presiden Amerika menghadiri konser amal untuk membantu para korban badai yang menghancurkan beberapa wilayah di Amerika serta di teritori Amerika, Puerto Rico dan Virgin Islands, dalam beberapa bulan ini.

Mantan presiden Barack Obama, George W Bush, Bill Clinton, George HW Bush dan Jimmy Carter menghadiri konser yang bertajuk Deep from the Heart: the One America Appeal itu pada Sabtu malam. Konser itu berlangsung di Reed Arena di Texas A&M University di College Station, Texas.

Dalam unjuk kekompakan yang jarang terlihat, Presiden Donald Trump yang tidak hadir dalam acara itu berterima kasih kepada para mantan presiden melalui pesan video yang diputar dalam konser itu. Ia menyatakan berterima kasih atas "peran besar mereka dalam membantu sesama warganegara memulihkan diri."

Pesan video dari Presiden Donald Trump pada konser amal untuk korban badai di College Station, Texas, 21 Oktober 2017.
Pesan video dari Presiden Donald Trump pada konser amal untuk korban badai di College Station, Texas, 21 Oktober 2017.

"Kita semua di panggung ini malam ini sangat bangga atas respons rakyat Amerika," ujar Obama. Apabila mereka melihat tetangga mereka, teman mereka, orang-orang asing, memerlukan bantuan, mereka turun tangan, lanjutnya.

Clinton menyatakan masih banyak tugas yang harus dilakukan. "Ini dapat menjadi suatu awal baru jika kita melakukan apa yang perlu kita lakukan dan membuktikan bahwa rasa kasih Amerika, tanpa melihat ras, agama, atau partai politik, lebih besar daripada masalah kita," lanjutnya.

Organisasi para mantan presiden itu dikenal sebagai One America Appeal. Kantor George HW Bush Sabtu mengumumkan bahwa organisasi tersebut telah menggalang 31 juta dolar dana pribadi dari 80 ribu lebih donatur.

Lady Gaga, dalam penampilan dadakannya, mengumumkan bahwa ia menyumbangkan 1 juta dolar untuk yayasan One America. Ia menyampaikan tentang rencana pembentukan program kesehatan jiwa dan pemulihan trauma emosional bagi para penyintas badai.

Lady Gaga dalam konser amal untuk korban badai di College Station, Texas, 21 Oktober 2017.
Lady Gaga dalam konser amal untuk korban badai di College Station, Texas, 21 Oktober 2017.

Penyanyi musik country Lee Greenwood, yang dikenal dengan lagu hitnya God Bless the USA, menjadi pembawa acara tersebut. Lyle Lovett, Robert Earl Keen, Sam Moore, Yolanda Adams dan grup Alabama termasuk yang tampil semalam.

Kerusakan akibat badai tersebut diperkirakan bernilai hingga 300 miliar dolar. Kegiatan pemulihan diperkirakan berlangsung berbulan-bulan dan pembangunan kembali perlu waktu bertahun-tahun.

One America dalam suatu pernyataan menyebutkan telah mendistribusikan hampir 13 juta dolar untuk lima yayasan amal: Florida Disaster Fund, Rebuild Texas Fund, Hurricane Harvey Relief Fund, Fund for the Virgin Islands, dan Juntos y Unidos por Puerto Rico.

Kelima presiden itu telah bekerja bersama menggalang dana untuk para korban badai sejak Badai Harvey menerpa Texas pada bulan September. Setelah itu, Badai Irma menyapu Puerto Rico, Virgin Islands Amerika dan Florida, disusul Badai Maria yang membuat Puerto Rico dan Virgin Islands Amerika kembali luluh lantak. [uh]

XS
SM
MD
LG