Tautan-tautan Akses

Badai Atlantik Utara Langka Ancam Azores dan Irlandia


Seorang perempuan mendapati jalan tertutup pohon tumbang di London, 16 Oktober 1987, setelah badai dengan angin kencang yang berlangsung sepanjang malam mengakibatkan kerusakan meluas. Pada peringatan 30 tahun badai ini, 16 Oktober 2017, Badai Ophelia diperkirakan akan menghantam Irlandia dan Azores.

Badai Ophelia, badai langka Atlantik Utara, diperkirakan akan membawa angin kencang dan ombak tinggi ke lima wilayah barat Irlandia akhir pekan ini.

Badai yang mulai menguat sejak di lepas pantai dekat Kepulauan Azores, dinyatakan sebagai badai Kategori 3 oleh Pusat Badai Nasional Amerika.

Ophelia akan melanda dengan kecepatan angin maksimum 185 kilometer per jam dan diperkirakan akan mengakibatkan hujan dengan akumulasi curah hujan hingga 10 centimeter di Azores selatan.

Badan Perlindungan Sipil Regional menyatakan tujuh dari sembilan pulau di Azores dalam siaga merah. Hujan deras diperkirakan akan melanda pulau-pulau itu semalaman. Sebanyak 245.000 penduduk Azores diminta tidak keluar selagi badai melanda.

Kekuatan Ophelia diperkirakan turun sedikit sebelum mencapai Irlandia sebagai topan tropis Senin (16/10). Lima wilayah dinyatakan siaga merah untuk kondisi cuaca buruk Senin dan Selasa (17/10), menurut Badan Meteorologi Irlandia.

Irlandia, yang jarang dilanda topan, diperkirakan menghadapi angin berkecepatan lebih dari 130 kilometer per jam Senin.

Badai Ophelia yang akan melanda Senin, juga bertepatan dengan peringatan 30 tahun Badai Besar tahun 1987 yang menumbangkan 15 juta pohon di Inggris dan menewaskan lebih dari 20 orang di Inggris dan Perancis.[ka]

XS
SM
MD
LG