Tautan-tautan Akses

Lawan Hoaks Obat dan Makanan, BPOM RI dan Mafindo Ajak Mahasiswa Sadar Bahaya Hoaks


Kepala Badan POM Surabaya memberikan materi pengantar hoaks obat dan makanan pada seminar berbasis web di kampus UKWMS (Foto:VOA/ Petrus Riski).
Kepala Badan POM Surabaya memberikan materi pengantar hoaks obat dan makanan pada seminar berbasis web di kampus UKWMS (Foto:VOA/ Petrus Riski).

Berita bohong atau hoaks di bidang obat dan makanan menempati urutan ketiga hoaks yang paling banyak beredar di masyarakat, menurut data Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) RI menggandeng Mafindo, dan mengajak semua elemen untuk terlibat aktif melawan masifnya hoaks terkait obat dan makanan yang sudah sangat mengkhawatirkan.

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) RI dalam sebuah seminar berbasis web di Kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Senin (21/10), menyatakan akan proaktif melawan hoaks terkait obat dan makanan, yang banyak beredar di masyarakat. Bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Kepala BPOM RI Penny Kusuma Lukito mengaku siap membuka akses dan menyebarluaskan informasi yang dimiliki, untuk mengklarifikasi informasi tidak benar yang beredar di masyarakat berkaitan dengan obat dan makanan.

“Secara aktif kita akan mengisi informasi, jadi informasi yang sudah ada di Badan POM ini akan kita sebar, sehingga dengan sendirinya nanti masyarakat juga lihat, oh ini ada nih, atau kita ada akses atau tempat di mana masyarakat menerima, dia langsung bisa melihat kemana dan itu akan disebarkan terus informasi tersebut, dengan dukungan, dengan bantuan dari Mafindo. Tentu Mafindo lebih punya jejaring yang bisa kita manfaatkan untuk lebih memperluas informasi-informasi yang yang ada di Badan POM, yang dikaitkan penjelasan terkait dengan berita-berita hoaks yang berputar-putar. Sebetulnya Badan POM sudah punya data-data informasi penjelasannya, hanya selama ini kurang tersebarkan,” kata Penny Kusuma Lukito.

Kepala BB POM Surabaya bersama aktivis Mafindo Surabaya dan Dekan Farmasi UKWMS, sepakat tolak hoaks (foto Petrus Riski-VOA).
Kepala BB POM Surabaya bersama aktivis Mafindo Surabaya dan Dekan Farmasi UKWMS, sepakat tolak hoaks (foto Petrus Riski-VOA).

Penny Kusuma Lukito mengatakan, hoaks merupakan teror informasi yang meresahkan dan merugikan masyarakat, yang dapat mengancam jiwa seseorang maupun generasi masyarakat. BPOM RI kata Peni, akan menuntut secara hukum pelaku hoaks terkait obat dan makanan, untuk memberikan efek jera bagi pelaku penyebaran hoaks.

“Saya sudah meminta kepada unit-unit kerja di sini yang terkait, yaitu dari Deputi Penindakan dan dari Pusat Data dan Informasi, tadi bersama-sama dengan Mafindo, untuk menjerat satu dua pihak yang selama ini mengirim berita hoaks tersebut, dan melakukan upaya pidana, ini yang akan menjadi efek jera mudah-mudahan,” lanjutnya.

Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Septiaji Eko Nugroho mengatakan, hoaks obat dan makanan menempati urutan ketiga hoaks terbanyak yang beredar di masyarakat. Masyarakat, kata Septiaji, cenderung menerima hoaks sebagai informasi yang benar, karena informasi yang diterima memunculkan ketakutan bila tidak dijalankan.

“Sebenarnya jumlah yang ada itu lebih banyak daripada yang kami pantau, karena bisa jadi tertutupi dengan maraknya hoaks politik. Dan dampaknya adalah sebenarnya sangat-sangat serius karena hoaks terkait dnegan isu obat dan makanan, itu sangat mempengaruhi masyarakat dalam mengambil sebuah keputusan.Keputusan yang keliru diakibatkan oleh informasi keliru, itu bisa merusak pribadi atau bahkan satu generasi. Dan hoaks terkait dengan obat dan makanan itu cenderung mudah viral karena dia mengandung unsur ketakutan dan kecemasan, yang itu adalah satu resep biasanya yang digunakan untuk memviralkan hoaks,” jelas Septiaji Eko Nugroho.

Banyaknya anggota masyarakat yang termakan kabar bohong atau hoaks, menurut Septiaji Eko Nugroho, menjadi indikasi berlakunya era post-truth dan the death of expertise. Hal ini lebih disebabkan rendahnya literasi masyarakat, dan dibanjirinya media informasi dengan informasi yang tidak benar sehingga informasi yang benar menjadi tertutupi.

Berita hoaks terkait obat yang diambil dari situs turnbackhoax (Foto: Screenshot/turnbackhoax)
Berita hoaks terkait obat yang diambil dari situs turnbackhoax (Foto: Screenshot/turnbackhoax)


“Saat ini dunia ada di dalam era yang disebut dengan post-truth, yaitu ketika orang lebih suka percaya terhadap hal yang disukainya. Orang yang sudah sering termakan dengan informasi antivaksin, maka dia diberi informasi apapun, sekuat apapun, dia akan cenderung akan meremehkannya.

Ditambah dengan fenomena yang disebut dengan The Death of Expertise, yang sekarang lebih banyak didengar oleh para netizen bukan lagi para profesor, bukan lagi para dokter, tapi lebih banyak para influencer, para buzzer, yang kadang-kadang mereka sebenarnya tidak punya basis ilmu yang kuat tetapi mereka lebih dipercaya, ini menjadi problem kita,” imbuhnya.

Dekan Fakultas Farmasi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Sumi Wijaya mengatakan, hoaks di bidang obat dan makanan banyak dipercaya karena dikemas secara menarik dan bombastis. Seminar mengenai hoaks obat dan makanan ini, kata Sumi Wijaya, diharapkan dapat menjadi penyadaran bagi para mahasiswa agar tidak menjadi korban hoaks, dan justru mampu menjadi agen perubahan untuk melawan hoaks.

“Kalaupun hoaks itu kan masalahnya beritanya itu bombastis ya, jadi pasti sudah dipoles sedemikian rupa. Kan juga banyak sekali korbannya itu justru orang-orang yang terpelajar. Sehingga, acara ini kenapa kok dilaksanakan, diprakarsai oleh mahasiswa? Karena mahasiswa ini kan sebetulnya ujung tombak dari masa depan bangsa, jadi mereka juga harus mengenali sedari dini bahwa berita-berita yang ada di masyarakat itu seharusnya harus difilter dulu, atau disaring dulu kebenarannya,” kata Sumi.

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Abigail Apriliana, selaku ketua panitia seminar mengatakan, penyadaran dan edukasi mengenai bahaya hoaks di bidang obat dan makanan sangat diperlukan untuk menjadi bekal apoteker dan para mahasiswa farmasi, dalam menyikapi masifnya penyebaran hoaks yang banyak diterima masyarakat.

Lawan Hoaks Obat dan Makanan, BPOM RI dan Mafindo Ajak Mahasiswa Sadar Bahaya Hoaks
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:04:50 0:00

“Kalau hoaks sih ya pasti sering sih, untuk akhir-akhir ini kan pasti banyak sekali berita-berita tentang hoaks di sekitar kita. Ya, menurut saya ini sangat penting juga untuk teman-teman mahasiswa, juga rekan-rekan apoteker mengetahui hal tersebut. Ya mungkin (hoaks) obat-obat yang mengandung racun atau obat-obat yang bisa merugikan tapi dampaknya itu sedikit nyeleneh untuk masyarakat, tapi kan biasanya masyarakat yang memang awam dan kurang tahu tentang hal tersebut, bisa saja langsung percaya tentang berita tersebut,” jelas Abigail Apriliana. [pr/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG