Tautan-tautan Akses

KTT di Athena Diwarnai Aksi Unjuk Rasa


Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis berbicara dengan Perdana Menteri Italia Mario Draghi menjelang KTT negara-negara Mediterania MED7 ke-8 di Athena, Yunani, 17 September 2021. (Foto: REUTERS/Louiza Vradi)

Para pengunjuk rasa berkumpul di Athena, Jumat (17/9), di luar pertemuan puncak yang melibatkan para pemimpin negara-negara Mediterania di Eropa, untuk berdemonstrasi menentang KTT, masalah lingkungan sekaligus melawan pemerintah Yunani yang berkuasa saat ini.

Kelompok itu membawa plakat dan spanduk sambil meneriakkan slogan-slogan anti-pemerintah dan berbaris di jalan-jalan, menentang larangan polisi terhadap protes di pusat kota karena KTT tersebut.

"Hari ini kami protes KTT para pemimpin itu. Ini adalah protes yang (Kyriakos) Mitsotakis coba larang sejak kemarin. Namun unjuk rasa dan pendemo akan berlangsung normal," kata Yannis Sifakakis, seorang aktivis lingkungan dan pemrotes.

Ia kemudian menyalahkan para pemimpin yang berkumpul, atas kebakaran hutan yang melanda beberapa wilayah di Eropa selama musim panas, dengan menyebut mereka sebagai "pembakar."

"Mereka adalah pembakar iklim dan lingkungan tapi mereka juga pembakar perdamaian," katanya.

Para pemimpin berkumpul dalam beberapa pembicaraan pada Jumat malam, yang berjanji untuk memperluas kerjasama untuk memerangi perubahan iklim sekaligus mendukung inisiatif keamanan dan pertahanan bersama di Uni Eropa.

Pertemuan di Athena itu diadakan setelah kebakaran besar musim panas yang melanda sebagian Eropa selatan, dan pengambilalihan Taliban di Afghanistan.

Sembilan negara Mediterania menyatakan "keyakinan kuat mereka bahwa tindakan global yang mendesak dan ambisius" untuk memerangi perubahan iklim diperlukan di tingkat nasional, regional dan lokal, menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pembicaraan berlangsung. [mg/pp]

XS
SM
MD
LG