Tautan-tautan Akses

Warga Dievakuasi Sementara Kebakaran Hutan Baru Landa Pulau di Yunani


Seorang petugas pemadam kebakaran menjatuhkan air di sebuah rumah yang terbakar akibat kebakaran hutan di daerah Vilia sekitar 60 kilometer barat laut Athena, Yunani, Senin, 23 Agustus 2021. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Sejumlah besar petugas pemadam kebakaran, yang didukung pesawat pemadam, berjuang mengatasi kebakaran hutan yang terjadi pada Senin pagi di bagian selatan pulau Evia, Yunani, kurang dari dua pekan setelah kebakaran besar menghancurkan bagian utara pulau itu.

Api berkobar terjadi di dekat desa Fygia, di mana dua permukiman telah dievakuasi dan kebakaran bergerak menuju desa wisata di pesisir, Marmari. Pihak berwenang di Marmari sedang mempersiapkan kapal-kapal untuk mengevakuasi warga jika diperlukan, kata Athens News Agency.

Empat puluh enam petugas berjuang mengatasi kebakaran yang dipicu oleh angin kencang, dibantu dengan 20 mobil pemadam, tiga pesawat dan dua helikopter pemadam, kata brigade pemadam kebakaran Yunani.

Pihak berwenang telah menyiapkan kapal-kapal di lepas pantai Marmari. Evia terletak di timur laut ibu kota Yunani, Athena.

Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api kebakaran di dekat desa Afidnes, utara Athena, Yunani, 6 Agustus 2021. (REUTERS/Alexandros Avramidis/File Foto)
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api kebakaran di dekat desa Afidnes, utara Athena, Yunani, 6 Agustus 2021. (REUTERS/Alexandros Avramidis/File Foto)

Otoritas perlindungan sipil hari Minggu mengumumkan “risiko kebakaran yang sangat tinggi” untuk beberapa daerah di Yunani pada hari Senin.

Kebakaran sejak Juli telah menghancurkan pulau Evia dan Rhodes selain hutan di bagian utara dan tenggara Athena, serta beberapa kawasan di Semenanjung Peloponnese. Tiga orang tewas akibat kebakaran.

Pemerintah menyebut kebakaran itu disebabkan oleh gelombang panas terburuk yang melanda negara itu dalam beberapa dekade ini. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG