Tautan-tautan Akses

Kostum Darth Vader Diprediksi Terjual Rp 28,4 Miliar dalam Pelelangan


Para aktor yang memerankan Darth Vader dan pasukan Storm Troopers tiba untuk penayangan perdana film terbaru Star Wars, “Revenge of the Sith” di London, 16 Mei 2005. (Foto: Reuters)

Seorang pria yang tampil sebagai Darth Vader dalam berbagai penayangan perdana film dan acara jumpa penggemar, akan menjual kostum yang dibuat oleh tim desain film “Star Wars” pada 1979, dalam sebuah pelelangan barang-barang souvenir film klasik pada bulan depan, kata balai lelang Bonhams, Minggu (28/4).

Kostum yang dilelang terdiri dari 17 bagian, termasuk topeng hitam milik tokoh antagonis itu, sepatu boot, sepasang mantel, dan pelindung alat kelamin, kata para juru lelang, seperti dikutip Reuters. Menurut perkiraan para juru lelang, kostum itu bisa terjual antara $1 juta dan $2 juta atau Rp 14,2 miliar hingga Rp 28,4 miliar.

Penjualnya adalah Bryce “Kermit” Eller. Berkat suaranya yang berat, Eller mendapat kontrak untuk tampil sebagai Vader dalam berbagai penayangan perdana, penandatanganan buku, jumpa fans dan gelaran Academy Awards pada 1978.

Kostum yang akan dilelang adalah satu dari beberapa kostum Vader yang diproduksi pada 1970 oleh tim desainer kostrum “Star Wars” pimpinan John Mollo di London. Kostum-kostum tersebut digunakan dalam film “The Empire Strikes Back,” kata Bonhams. Tidak jelas apakah ada bagian-bagian kostum yang digunakan dalam film sebelum diberikan kepada Eller.

Komponen-komponen kostum terbuat dari kulit, wol, sutra, serat kaca, dan material lainnya, kata Eller dalam sebuah wawancara.

“Kostum itu sangat, sangat panas,” kata Eller. “Anda mengenakan banyak lapisan. Butuh 25 menit untuk mengenakannya dan Anda harus ada yang membantu.”

Malah, kata Eller, dia pernah pingsan setelah mengenakan kostum itu selama beberapa jam dan mengalami dehidrasi. Petugas paramedis datang untuk membantunya dan ingin memotong kostum tersebut.

“Saya mengatakan “tentu saja tidak boleh,” kata Eller. “Kata saya, ‘Saya bisa sembuh. Tapi kostum itu tidak bisa.’”

Kostum Darth Vader akan menjadi bagian pameran untuk umum Turner Classic Movies yang akan dimulai pada 4 Mei mendatang, sebelum kemudian dijual pada 14 Meil.

Properti dan kostum-kostum film “Star Wars,” salah satu serial film paling populer, sering terjual dengan harga tinggi pada pelelangan.

Pada 2017, kostum lengkap robot R2-D2 yang digunakan pada film pertama “Star Wars” pada 1977, terjual seharga $2,76 juta atau setara Rp 39,2 miliar. Sedangkan pedang cahaya atau lightsaber milik tokoh pahlawan, Luke Skywalker, terjual seharga $450.000 atau setara Rp 6,4 miliar. [ft]

XS
SM
MD
LG