Tautan-tautan Akses

Korut, Korsel Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama Olimpiade 2032


Dua petugas Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC), memasang bendera Korea Utara di samping bendera Korea Selatan sebelum pertemuan Dewan Olimpiade Asia di Jakarta, 28 Juni 2018.

Korea Utara dan Korea Selatan akan mencalonkan diri bersama-sama untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, kedua negara mengumumkan, Rabu (19/9).

Pencalonan sebagai tuan rumah bersama Olimpiade menjadi bagian rencana ambisius memperkuat hubungan diplomatik yang makin mencair, dipicu oleh gelaran Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan awal tahun ini, kantor berita AFP melaporkan.

Ide menjadi tuan rumah bersama Olimpiade tertuang dalam pernyataan bersama yang dirilis setelah pertemuan puncak di Pyongyang antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

“Korea Selatan dan Utara setuju untuk secara aktif berpartisipasi bersama di kompetisi internasional, termasuk Olimpiade Musim Panas 2020 dan bekerja sama untuk mencalonkan diri untuk tuan rumah bersama Selatan-Utara Olimpiade Musim Panas 2032,” kata pernyataan tersebut.

Belum ada rincian selanjutnya mengenai usulan ini. [ft]

XS
SM
MD
LG