Tautan-tautan Akses

Korsel Usulkan Tim Hoki Putri Olimpiade Gabungan Korsel- Korut


Seorang pria berjalan melewati simbol gelang-gelang Olimpiade dengna tulisan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, di Pyeongchang, Korea Selatan, 3 Februari 2017.

Korea Selatan telah mengusulkan pembentukan tim hoki putri gabungan dengan Korea Utara untuk bertanding dalam Olimpiade bulan depan.

Korea Selatan mengusulkan hal ini, Selasa (9/1), ketika delegasi kedua negara bertemu di desa perbatasan Panmunjom, dan ditegaskan oleh utusan Korea Utara untuk Komite Olimpiade Internasional, Chang Ung, Sabtu.

“Itu menjadi topik yang dibahas di IOC,” kata Chang kepada wartawan di bandara Beijing. Chang sedang dalam perjalanan kembali ke Pyongyang setelah mengunjungi markas besar IOC di Swiss. Ia tidak menjelaskan apakah Korea Utara menyetujui usul itu

Setelah perundingan resmi pertama dalam lebih dari dua tahun, kedua negara, Selasa, sepakat bahwa Korea Utara akan berpartisipasi dalam Olimpiade dan untuk melakukan perundingan militer dalam upaya memperbaiki hubungan.

Kedua negara pernah dua kali membentuk tim olah raga gabungan, pada 1991, ketika keduanya berpartisipasi dalam sebuah turnamen sepak bola remaja dan kejuaraan tenis meja.

Korea Selatan dan Utara akan melakukan diskusi lebih jauh mengenai usul itu di Panmunjom, Senin (8/1), setelahSabtu menyepakati diskusi tingkat kerja di sisi Korea Utara desa Panmunjom. Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan dalam pernyataan Sabtu, delegasi akan membahas kemungkinan Korea Utara mengirim rombongan seni tari ke Olimpiade. [ds]

XS
SM
MD
LG