Tautan-tautan Akses

Korsel dan Korut Mulai Pembicaraan Olimpiade Musim Dingin


Para pejalan kaki melewati poster Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang dan maskot olimpiade, macan putih 'Soohorang' dan beruang hitam "Bandabi" untuk paralimpik di pusat Kota Seoul, Korea Selatan, 9 Januari 2018.

Korea Selatan dan Korea Utara, Senin (15/1), memulai perundingan mengenai penampilan pemusik Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan bulan depan, setelah Korea Utara sepakat untuk berpartisipasi.

Pekan lalu Pyongyang sepakat mengirim atlet, pejabat tinggi, dan delegasi lain ke Olimpiade Pyeongchang. Langkah ini meredakan ketegangan yang telah berjalan berbulan-bulan akibat program senjata nuklir Korea Utara.

Kedua pihak sepakat bahwa rombongan pemusik akan merupakan bagian dari delegasi. Delapan pejabat – empat dari masing-masing negara -- memulai rapat kerja untuk membahas rincian di sisi utara desa gencatan senjata Panmunjom, Senin pagi, menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan.

Kedua negara juga akan berunding dengan Komite Olimpiade Internasional di Lausanne, Swiss, Sabtu (20/1), mengenai partisipasi atlet Korea Utara dalam Olimpiade Pyeongchang. [ds/sp]

XS
SM
MD
LG