Tautan-tautan Akses

Korsel Tawarkan Pertemuan dengan Korut Mengenai Olimpiade


Menteri Unifikasi Korea Selatan, Cho Myoung-gyon (Foto: dok).

Korea Selatan menawarkan penyelenggaraan pembicaraan tingkat tinggi dengan saingan beratnya Korea Utara mengenai kemungkinan keikutsertaan Utara dalam Olimpiade Musim Dingin dalam waktu dekat yang akan diadakan di Korea Selatan.

Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon mengatakan hari Selasa (2/1) Seoul ingin bertemu dengan para diplomat Korea Utara tepat seminggu lagi di desa gencatan senjata Panmunjom, yang terletak di zona bebas militer yang memisahkan Utara dan Selatan. Pertemuan itu akan menjadi pembicaraan tingkat tinggi pertama antara Seoul dan Pyongyang sejak Desember tahun 2015.

Tawaran Seoul itu diajukan sehari setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menggunakan pidato Hari Tahun Barunya untuk mengumumkan ia mempertimbangkan pengiriman tim untuk turut dalam pertandingan Olimpiade bulan depan di Pyeongchang.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyambut baik saran Kim untuk mengadakan pembicaraan Senin malam, tetapi mengatakan setiap perbaikan dalam hubungan Utara dan Selatan harus terjadi serentak dengan Pyongyang menghentikan program senjata nuklirnya. [gp]

XS
SM
MD
LG