Tautan-tautan Akses

Rusia akan Kaji Larangan IOC Sebelum Ambil Tindakan


Pejabat Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan larangan terhadap atlet Rusia berkompetisi dalam Olimpiade Musim Dingin, di Lausanne, Swiss (5/12).

Rusia mengatakan, perlu menganalisa secara seksama keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang melarang Rusia berkompetisi sebagai negara dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, sebelum mengambil tindakan.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan, Rabu, prioritas negara itu saat ini adalah melindungi kepentingan atlit-atlit Rusia.

IOC memutuskan, Selasa, atlit-atlit Rusia secara perorangan masih bisa berkompetisi sebagai “Atlit Olimpiade dari Rusia” namun tidak akan diperkenalkan sebagai perwakilan Rusia.

Keputusan IOC yang sudah lama ditunggu-tunggu ini, sebagai hukumam atas doping yang disponsori pemerintah pada Olimpiade Sochi, di Russia, tahun 2014 berlangsung dua bulan sebelum sejumlah kompetisi olahraga musim dingin digelar di kawasan pegunungan dan pantai Korea Selatan.

Selain larangan terhadap Rusia untuk bertanding sebagai negara pada tahun 2018, IOC juga mendenda Komite Olimpiade Rusia 15 juta dolar dan memberhentikan direkturnya, Alexander Zhukov, sebagai anggota IOC. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG