Tautan-tautan Akses

Korea Utara Lancarkan Uji Coba Penting


Foto-foto peluncuran misil Korea Utara dipamerkan di Pos Pengawasan Unifikasi di Paju, Korea Selatan dekat perbatasan dengan Korea Utara, 13 Desember 2019.

Korea Utara, Sabtu (14/12), mengatakan telah melancarkan sebuah "uji coba penting" lain di fasilitas peluncuran satelit dan mesin roket untuk memperkuat "penangkal nuklirnya yang strategis dan kredibel."

Uji coba itu dilakukan hanya beberapa minggu menjelang tenggat akhir tahun yang ditetapkan terhadap AS untuk memberikan lebih banyak konsesi dalam perundingan nuklir. Tes itu juga dilakukan di tengah ancamannya untuk melanjutkan rudal jarak jauh atau uji coba nuklir.

KCNA tidak mengatakan apa yang diuji coba pada Sabtu (14/12) dan tidak mencantumkan foto. Mereka hanya mengatakan uji coba itu terjadi di Tempat Peluncuran Satelit Sohae. Seminggu sebelumnya, Korea Utara mengatakan pihaknya melakukan "uji coba sangat penting" lain yang diketahui sebagai mesin roket, di tempat peluncuran yang sama.

Korea Utara telah meluncurkan 13 rudal jarak dekat atau menengah sejak Juni. Sebagian pengamat mempresiksi negara itu mungkin akan segera meluncutkan sebuah satelit ke antariksa dengan menggunakan teknologi rudal jangka panjang. [vm/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG