Tautan-tautan Akses

Genjot Pariwisata, Korut Buka Resor Ski dan Spa Sumber Air Panas


Pusat Rekreasi Budaya Pemandian Air Panas Yangdok, Korea Utara, 9 Desember 2019. (Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pusat Rekreasi Budaya Pemandian Air Panas Yangdok, Korea Utara, 9 Desember 2019. (Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiri upacara pemotongan pita untuk kompleks spa baru yang mewah di pegunungan Korea Utara.

Video yang dirilis oleh media pemerintah Korea Utara pada 8 Desember mengungkapkan bahwa Kim menerima buket bunga dan bertepuk tangan di depan kompleks luas sumber air panas untuk liburan musim dingin, yang dinamakan Pusat Rekreasi Budaya Pemandian Air Panas Yangdok. Laporan media pemerintah menunjukkan cuplikan dari spa air panas di ruang terbuka, sebuah resor ski dan taman berkuda dengan anak-anak muda menunggang kuda.

Pusat rekreasi itu tidak diragukan lagi terlihat baru, tetapi ini adalah proyek yang “telah dikerjakan selama satu dekade,” menurut Jenny Town, seorang peneliti di Stimson Center dan redaktur pelaksana situs analisis berita Korea Utara 38North.

Pariwisata adalah salah satu dari sedikit industri Korea Utara yang tetap bebas dari sanksi Dewan Keamanan PBB, yang dimaksudkan untuk menekan Kim agar meninggalkan program senjata nuklirnya. Tetapi, walaupun larangan ekspor makanan laut dan batu bara mengganggu perekonomian, Korea Utara tampaknya masih banyak berinvestasi dalam proyek pariwisata lainnya dalam beberapa bulan terakhir. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG