Tautan-tautan Akses

Korea Utara akan Kirim Orkestra untuk Tampil di Olimpiade Pyeongchang


Seorang pria berjalan melewati gelang-gelang Olimpiade dengan tulisan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, di Pyeongchang, Korea Selatan, 3 Februari 2017.

Korea Utara akan mengirim sebuah orkestra beranggotakan 140 orang untuk melakukan pertunjukan selama Olimpiade Musim Dingin berlangsung di Korea Selatan bulan depan.

Pemerintah Korea Selatan menilai ini adalah langkah bersahabat, menyusul ketegangan antara kedua negara yang berlangsung berbulan-bulan akibat tes nuklir Korea Utara.

Pejabat Korea Selatan mengatakan, keputusan itu dibuat pada saat pertemuan antara delegasi dari kedua Korea, yang bertemu untuk kedua kalinya Senin (15/1) di Panmunjom.

Kedua belah pihak sepakat orkestra itu akan melakukan pertunjukan di Seoul di Gangneung, dekat penyelenggaraan Olimpiade di Pyeongchang, demikian kata pernyataan dari Kementerian Urusan Penyatuan Korea.

Pejabat Korea Selatan mengatakan orkestra Korea Utara akan memainkan lagu-lagu rakyat tradisional dan musik klasik. Pejabat itu juga menambahkan kemungkinan orkestra dari kedua negara akan melakukan konser gabungan.

Keputusan untuk menyelenggarakan pertunjukan orkestra itu membantu memperbaiki hubungan dan memulihkan keseragaman budaya antara kedua negara, kata Kementerian Korea Selatan, dalam pernyataannya. [ps]

XS
SM
MD
LG