Tautan-tautan Akses

Korsel: Korut Usulkan Pembicaraan Tentang Kunjungan Rombongan Kesenian


Menteri Unifikasi Korea Selatan Cho Myoung-gyon (kanan) berbicara dengan kepala delegasi Korea Utara Ri Son Gwon dalam pertemuan mereka di Panmunjom di Zona Demiliterisasi, Paju, Korea Selatan, 9 Januari 2018. (Foto: dok).

Korea Selatan mengatakan hari Sabtu (13/1) bahwa Korea Utara mengusulkan agar pembicaraan mereka pekan depan membahas kunjungan rombongan kesenian Korea Utara ke Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang di Korea Selatan, bukan partisipasi atlet negara itu.

Pyongyang menghendaki pembicaraan mengenai pengiriman atlet dan pejabat lain ke Olimpiade Februari diadakan pada tanggal kemudian supaya pembicaraan Senin depan dapat dipusatkan khusus untuk membahas partisipasi rombongan kesenian Korea Utara dalam Olimpiade itu, kata Kementerian Unifikasi Seoul.

Para pejabat dari kedua Korea yang bersaingan itu mengadakan pertemuan sebelumnya pekan ini di desa perbatasan Panmunjom, pembicaraan pertama mereka dalam lebih dua tahun. Dalam pertemuan itu mereka sepakat untuk mengadakan pembicaraan militer dan pengiriman delegasi pejabat, atlet, cheerleader, wartawan dan lain-lain Korea Utara ke Olimpiade itu.

Kementerian Unifikasi mengatakan Korea Utara ingin mengirim delegasi yang dipimpin oleh direktur biro kesenian dan pertunjukan panggung kementerian kebudayaan Korea Utara ke pembicaraan hari Senin. Seorang dirijen dan dua pejabat lain dari orchestra Korea Utara juga akan turut dalam delegasi itu, kata kementerian Unifikasi Korea Selatan.

Sementara itu, Komite Olimpiade Internasional telah mengusulkan pertemuan tanggal 20 Januari di markas besar IOC di Lausanne, Swiss, yang mengikut sertakan kedua Korea yang bersaingan itu untuk membicarakan partisipasi Korea Utara di Pyeongchang. [gp]

XS
SM
MD
LG