Tautan-tautan Akses

AS

Korban Badai Michael Bertambah Jadi Sedikitnya 16 Orang


Kawasan terdampak badai Michael di Mexico Beach, Florida, 12 Oktober 2018.

“Ini seperti zona perang,” ujar Gubernur Florida setelah ia datang ke Mexico Beach, kota yang dihantam badai Michael.

Sejauh ini satu mayat telah berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan di kota itu, menambah jumlah korban tewas menjadi sedikitnya 16 orang sejak badai kategori empat itu menghantam Florida Panhandle dan terus mengamuk ke bagian utara melalui Georgia, South dan North Carolina, hingga ke Virginia sebagai badai tropis.

Pejabat-pejabat negara bagian mengatakan sedikitnya 300 orang di Mexico Beach mengabaikan perintah evakuasi wajib, tetapi belum jelas apakah akhirnya mereka berhasil keluar dari kota itu pada saat-saat terakhir.

Kepala Badan Manajemen Darurat Federal FEMA Brock Long mengatakan ia memperkirakan jumlah korban tewas akan bertambah. “Kita masih belum berhasil menjangkau daerah-daerah yang paling parah dilanda badai ini,” ujarnya. “Baru sedikit orang yang dapat dihubungi dan menyampaikan pengalamannya menghadapi badai ini, dan sayangnya negara ini tampaknya tidak belajar dari pengalaman yang ada sebelumnya.”

Tyndall Air Force di Florida Panhandle, di mana lebih dari 3.600 personil ditempatkan disana, mengalami kerusakan sangat parah, dan mereka yang telah dievakuasi, diminta jangan kembali dulu. “Kami tidak akan memanggil Anda dan keluarga kembali hingga dapat menjamin keselamatan Anda,” ujar Kolonel Brian Laidlaw dalam sebuah pernyataan.

Ditambahkannya, ia tidak tahu berapa lama upaya pemulihan akan berlangsung karena “kami harus memulihkan fasilitas dasar, membersihkan jalan dari pohon-pohon yang roboh dan jalur listrik, juga mengkaji keamanan seluruh struktur bangunan.”

Angkatan Darat Amerika mengatakan lebih dari 2.000 tentara Pasukan Garda Nasional membantu upaya pemulihan.

Perusahaan-perusahaan fasilitas publik mengatakan lebih dari satu juta warga dan bisnis di Florida hingga Virginia mengalami pemadaman listrik pada Jumat lalu (12/10).

Musim badai Atlantik yang berawal Juni lalu diperkirakan akan berakhir pada 30 November. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG