Tautan-tautan Akses

AS

Kelompok Konservatif di DPR AS Ajukan Rencana Asuransi Pengganti Obamacare


Anggota DPR AS Jim Jordan berbicara di Capitol Hill, Washington. (Foto: Dok)

Para anggota DPR AS berhaluan konservatif berharap untuk mendesak lembaga itu melakukan pemungutan suara yang lama dinantikan untuk membatalkan undang-undang asuransi kesehatan (ACA) dengan menyodorkan rencana mereka sendiri pada hari Rabu (15/2).

RUU itu akan menggantikan UU asuransi kesehatan mantan Presiden Barack Obama yang kontroversial. UU itu diajukan oleh anggota Kaukus Kebebasan DPR yang konservatif dan menyerupai RUU yang di ajukan di Senat oleh senator Partai Republik, Rand Paul dari Kentucky.

“Rakyat Amerika sudah bosan,” kata Jim Jordan anggota kaukus itu menggambarkan UU asuransi kesehatan. “Mereka frustrasi karena kita harus ingat kerangka kerja yang diberitahukan kepada mereka adalah sembilan kebohongan ketika UU asuransi ini diloloskan."

Kaukus itu mengatakan RUU tersebut akan mengatasi beberapa masalah asuransi kesehatan Obamacare dengan menawarkan insentif pajak bagi rekening tabungan kesehatan yang akan membantu pasien membayar biaya perawatan kesehatan mereka, memungkinkan pembelian asuransi di seluruh negara bagian dan mengizinkan orang-orang mengurangi biaya asuransi kesehatan mereka dari pajak pendapatan.

Semboyan ‘cabut dan ganti’ mengobarkan kampanye yang sukses bagi banyak anggota fraksi Republik di Kongres dalam pemilihan tahun lalu. Tapi rencana strategi untuk mengganti UU yang lama dan menggantikan dengan UU yang lebih baik sampai pertengahan bulan Februari belum diwujudkan meskipun ketua DPR Paul Ryan terus menekankan ‘cabut dan ganti’ sebagai salah satu agenda utama Kongres.

Proposal baru dari Kaukus Kebebasan DPR akan menekan Ryan dan lebih banyak tokoh Partai Republik untuk mempercepat upaya mengganti Obamacare atau ACA sebagaimana dijanjikan pada waktu kampanye. [my/al]

XS
SM
MD
LG