Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS Pilih Penentang Obamacare Jadi Menteri Kesehatan


Anggota DPR AS dari Partai Republik, Tom Price memberikan kesaksian di hadapan Komite Keuangan Senat AS di Gedung Capitol, Washington, dalam dengar pendapat untuk mengkonfirmasi nominasinya sebagai Menteri Kesehatan, 24 Januari 2017. (Foto: dok).

Senat AS dengan suara 52-47 menyetujui anggota DPR dari Partai Republik Tom Price sebagai pemimpin Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan yang baru.

Pemungutan suara itu dilakukan Jumat pagi (10/2) pada akhir sesi yang berlangsung sampai lewat tengah malam.

Price, anggota DPR dari negara bagian Georgia dan ahli bedah ortopedi, adalah penentang Undang-Undang Perawatan Kesehatan Terjangkau, juga dikenal sebagai Obamacare.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, Republikan dari Kentucky, mengatakan Price lebih tahu tentang kebijakan perawatan kesehatan daripada kebanyakan orang. McConnell mengatakan Price akan membantu menstabilkan pasar perawatan kesehatan yang telah dirugikan Obamacare.

Sebagai Menteri Kesehatan yang baru, Price, yang berusia 62 tahun, akan memimpin kampanye untuk membongkar UU perawatan kesehatan itu yang telah memungkinkan 20 juta orang Amerika mendapatkan akses ke asuransi kesehatan.

Partai Republik mengatakan mereka ingin mengganti Obamacare, tetapi belum menyepakati penggantinya.

Price adalah calon terakhir yang dikonfirmasi untuk kabinet Presiden Donald Trump. Price menghadapi beberapa pertanyaan sulit tentang apakah sebagai kepala Komite Anggaran DPR, dia memanfaatkan posisinya untuk menguntungkan sahamnya. Beberapa pengamat mengatakan banyak bukti yang menunjukkan dia tidak melanggar etika.

Selain Price, Senat telah mengkonfirmasi enam orang lainnya: Rex Tillerson sebagai menteri luar negeri, James Mattis sebagai menteri pertahanan, Jeff Sessions sebagai Jaksa Agung, John Kelly sebagai menteri keamanan dalam negeri, Elaine Chao sebagai menteri transportasi; dan Betsy DeVos sebagai menteri pendidikan. [as/ab]

XS
SM
MD
LG