Tautan-tautan Akses

AS

Trump Sampaikan Pidato Mingguan Pertama, Siap Cabut Obamacare


Donald Trump menandatangani keputusan pertamanya melawan undang-undang asuransi kesehatan "Obamacare".

Trump mencatat, di antara prestasi pemerintahannya dalam seminggu ini, ia mengeluarkan perintah "untuk bersiap membatalkan dan mengganti Obamacare."

Presiden Donald Trump menyampaikan pidato mingguan pertamanya kepada rakyat Amerika Serikat sejak menjabat seminggu lalu.

Dalam video dua setengah menit yang diunggah ke YouTube hari Sabtu (28/1), Trump membeberkan prestasi pemerintahannya setelah menjabat seminggu, dengan mengatakan, "Pemerintah bekerja sangat cepat. Semua orang membahasnya. Kami melakukannya dengan cepat dan kami melakukannya dengan cerdas, dan kami tidak akan pernah berhenti berjuang atas nama rakyat Amerika."

Trump mencatat, di antara prestasi pemerintahannya dalam seminggu ini, ia mengeluarkan perintah "untuk bersiap membatalkan dan mengganti Obamacare," paket reformasi asuransi kesehatan yang luas yang diberlakukan pemerintahan sebelumnya.

"Sudah waktunya," tambah Trump.

Trump juga mencatat mundurnya Amerika dari Kemitraan Trans-Pasifik, perjanjian perdagangan yang melibatkan sejumlah negara Asia Timur serta Chile, Peru, Kanada, dan Meksiko.

"Perjanjian itu akan menjadi bencana bagi pekerja kita," ujar Trump. Dengan begitu, menurut Trump, Amerika bisa merundingkan "perjanjian dengan satu negara guna melindungi pekerja Amerika." [ka]

XS
SM
MD
LG