Tautan-tautan Akses

Komisi Eropa Bela Perombakan Zona Euro di Tengah Perpecahan Uni Eropa


Kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker berbicara di Brussels, Belgia (foto: dok).

Komisi Eropa mengumumkan visinya tentang kebangkitan zona euro pada hari Rabu (6/12), termasuk pembentukan IMF versi Eropa, namun melangkah mundur dari gagasan yang lebih ambisius di tengah keraguan Jerman yang kuat.

Ide lain, seperti penunjukkan menteri keuangan zona euro atau pembentukan anggaran darurat untuk negara-negara anggota zona euro, secara resmi diajukan untuk dibahas oleh komisi tersebut, namun tanpa proposal resmi.

Usulan tersebut menyusul pidato tentang keadaan blok tersebut oleh Kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker pada bulan September dan dimaksudkan untuk menginspirasi diskusi mengenai masa depan euro pada KTT Uni Eropa 15 Desember.

Proposal oleh komisi tersebut pada awalnya dipandang sebagai jawaban Uni Eropa atas Brexit yang mengejutkan, namun telah dikurangi cakupannya karena negara-negara anggota terpecah mengeai arah yang harus mereka ambil.

Komisi tersebut juga menghadapi kritik bahwa batas waktu reformasi seharusnya diserahkan pada pemerintah masing-masing negara, usul yang ditolak Brussels secara tegas. [as]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG