Tautan-tautan Akses

AS

Ketua DPR AS Usulkan Trump Tunda Pidato Kenegaraan


Ketua DPR Amerika, Nancy Pelosi berbicara kepada media di Gedung Capitol, Washington DC, Rabu (16/1).

Ketua DPR Amerika, Nancy Pelosi hari Rabu (16/1)mengusulkan agar Presiden Donald Trump menunda State of the Union atau pidato kenegaraannya pada akhir bulan ini, kecuali kalau penghentian sebagian operasi pemerintah federal diakhiri pekan ini, atau Presiden menyampaikan pidatonya secara tertulis.

Pelosi, ketua DPR yang dikuasai Partai Demokrat itu mengutip tidak memadainya persiapan keamanan yang diperlukan untuk acara tahunan pemimpin negara di Kongres itu, yang dijadwalkan 29 Januari.

Dalam suratnya kepada Trump, ia mencatat bahwa sejumlah petugas keamanan yang mengawal Trump dan keluarganya, serta Kantor Keamanan Dalam Negeri atau Homeland Security tidak digaji selama 26 hari berlangsungnya penutupan kantor-kantor pemerintah, katanya, petugas keamanan Trump telah bekerja tanpa dibayar.

Tetapi Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen mengatakan, agen-agen itu "sepenuhnya siap mendukung dan mengamankan acara pidato kenegaraan itu. Kami berterima kasih kepada Secret Service yang mementingkan misi dan pengabdian mereka dan atas semua yang mereka lakukan setiap hari untuk mengamankan tanah air kita. (ps/jm)

XS
SM
MD
LG