Tautan-tautan Akses

AS

Trump akan Tandatangani RUU Jaminan Pembayaran Gaji Pegawai Federal Terimbas Shutdown


Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di pelataran Gedung Putih, Washington, D.C., 14 Januari 2019. (Foto: dok).

Presiden AS Donald Trump, Rabu (16/1), dijadwalkan akan menandatangani RUU yang akan menjamin bahwa pegawai federal pada akhirnya akan menerima gaji yang tertunda karena penutupan sebagian operasi pemerintah. Meski demikian hingga saat ini belum diketahui kapan kira-kira pembayaran itu akan dilakukan karena Trump dan kubu Partai Demokrat belum menunjukkan tanda-tanda mencapai kesepakatan.

Sekitar 800 ribu pegawai pemerintah federal telah bekerja tanpa dibayar atau dirumahkan sejak 22 Desember. Jika penutupan sebagian operasi pemerintah berlanjut satu pekan lagi, mereka untuk ke-dua kalinya tidak akan mendapatkan gaji dua mingguan mereka.

Sementara itu, pemerintahan Trump mengatakan, Selasa (15/1), telah memanggil puluhan ribu pegawai federal untuk kembali bekerja tanpa dibayar untuk memproses pengembalian pungutan pajak (tax refund), mempertahankan keamanan penerbangan, menginspeksi makanan dan obatan-obatan, serta melakukan tugas-tugas penting lain untuk meringankan akibat dari penutupan sebagian operasi pemerintah.

Perusahaan-perusahaan keuangan di AS telah memberlakukan program-programuntuk membantu para pekerja federal yang kehilangan pendapatan terkait penutupan operasi pemerintah tersebut, sementara itu sejumlah restoran membagi-bagiakan makanan gratis kepada para pegawai federal.

Kelompok amal World Central Kitchen, yang terkenal karena upayanya membantu kebutuhan pangan orang-orang di zona bencana, sengaja membuka kios di Wasshington DC yang didedikasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan pangan pegawai federal.

Lokasinya di Pennsylvania Avenue, kira-kira di tengah-tengah antara Gedung Kongres dan Gedung Putih. Koki terkenal José Andrés, pendiri organisasi itu mengatakan, lokasi itu merupakan simbol yang mencerminkan perlunya rakyat Amerika bersatu. [ab]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG