Tautan-tautan Akses

AS

Joe Kennedy akan Wakili Fraksi Demokrat Tanggapi Pidato Kenegaraan Trump


Anggota Kongres AS, Joe Kennedy III (Fraksi Demokrat - Massachusetts).

Partai Demokrat akan menggunakan dinasti politik AS untuk menanggapi pidato kenegaraan Presiden Donald Trump hari Selasa (30/1) dengan menunjuk anggota kongres Joe Kennedy, sehingga keluarga terkenal ini kembali menjadi sorotan orang Amerika.

Anggota Kongres AS selama 3 periode dari Massachusetts itu akan memberikan sanggahan resmi partainya terhadap pidato Trump di hadapan sidang gabungan Kongres, memberi anggota parlemen liberal berusia 37 tahun tersebut sebuah kesempatan emas untuk melawan presiden secara terbuka mengenai masalah-masalah seperti imigrasi, hak sipil dan hak transgender, perawatan kesehatan dan keragaman.

Walaupun tugas memberi tanggapan oposisi sering dipandang sebagai tugas yang tidak enak – seperti tanggapan baru-baru ini oleh Senator Marco Rubio yang telah diolok-olok atau diabaikan – peran ini akan mendongkrak profil Joe Kennedy pada saat beberapa orang Demokrat melihatnya sebagai calon pemimpin partai di masa depan.

Anggota parlemen berambut merah itu adalah cucu mantan jaksa agung dan kandidat presiden Robert Kennedy, dan keponakan presiden John F. Kennedy yang dibunuh.

Dia telah menggalang pengikut setia melalui serangkaian pidato yang penuh semangat selama setahun terakhir yang menjadi viral di internet. Videonya yang mendukung keragaman setelah demonstrasi kelompok nasionalis dengan kekerasan di Charlottesville, Virginia, telah ditonton 15 juta kali.

Joe Kennedy juga telah mencurahkan perhatian pada perawatan kesehatan, isu yang diperjuangkan oleh pamannya yang terkenal, Senator Ted Kennedy.

Bulan Maret lalu dia menyampaikan sebuah bantahan keras kepada Ketua DPR Paul Ryan yang berbicara tentang "belas kasihan" dalam rencana perawatan kesehatan Partai Republik yang pada akhirnya gagal di Kongres pada tahun 2017.

"Tidak ada belas kasihan di negara yang menelantarkan orang-orang yang paling membutuhkan perlindungan: orang tua, orang miskin, orang sakit dan yang menderita," kata Kennedy kepada panel Kongres.

Kennedy telah mengundang prajurit transgender, Sersan Patricia King, sebagai tamunya dalam acara pidato kenegaraan di Gedung Kongres itu.

Joe Kennedy III kuliah di Universitas Stanford, kemudian menjadi relawan Peace Corps selama dua tahun di Republik Dominika sebelum mendapat gelar sarjana hukum dari Harvard dan bekerja sebagai asisten jaksa wilayah di Massachusetts. [as/ii]

XS
SM
MD
LG