Tautan-tautan Akses

Trump Cerca Kebijakan Perdagangan Eropa "Tidak Adil" Terhadap AS


President AS Donald Trump dalam pertemuan tahunan World Economic Forum di Davos, Swiss, 26 Januari 2018.

Kebijakan perdagangan Uni Eropa terhadap Amerika sangat tidak adil, kata Presiden Donald Trump dalam wawancara yang disiarkan Minggu (28/1), seperti dilaporkan kantor berita AFP. Trump memperingatkan bahwa berbagai masalah antara Amerika dan Uni Eropa dapat berkembang menjadi sesuatu yang sangat besar.

“Produk Amerika tidak dapat masuk. Sangat sulit. Namun mereka menjual produk ke Amerika tanpa pajak atau dengan pajak sangat rendah. Ini sangat tidak adil,” kata Trump dalam wawancara yang dilakukan dengan ITV News pada Kamis (25/1).

“Saya punya banyak sekali masalah dengan Uni Eropa, dan itu mungkin dapat berubah menjadi sesuatu yang sangat besar dari sudut pandang perdagangan.”

Trump menyampaikan peringatan itu dalam wawancara di sela-selaForum Ekonomi Dunia di Davos, di mana ia menyampaikan agenda “Utamakan Amerika” kepada elit bisnis global.

Tahun lalu, pemerintahan Trump menyatakan bertekad untuk memberlakukan denda bea masuk hampir 300 persen terhadap pesawat terbang buatan Bombardier, Kanada. Panel perdagangan bipartisan, Jumat (26/1), menghalangi keputusan itu, yang membuat hubungan dengan Ottawa menjadi tegang, dan juga dengan Inggris, di mana Bombardier memiliki banyak karyawan. [ds/sp]

XS
SM
MD
LG