Tautan-tautan Akses

Kemlu China Bantah Mengetahui Penahanan Mantan Diplomat Kanada


Juru bicara kementerian LN China, Lu Kang, menjawab pertanyaan media di Beijing (foto: dok).

Kementerian luar negeri China hari Rabu (12/12) membantah mengetahui penahanan seorang mantan diplomat Kanada tetapi mengatakan organisasi tempanya bekerja, International Crisis Group,, tidak terdaftar di China sehingga setiap pekerjaannya di negara itu ilegal.

"Begitu stafnya terlibat dalam aktivitas di China, itu telah melanggar hukum," kata juru bicara kementerian LN China, Lu Kang, pada konferensi pers harian ketika ditanya tentang kasus Michael Kovrig, seorang analis yang berbasis di Hong Kong yang oleh majikannya dikatakan ditahan Senin malam oleh Biro Keamanan Negara China di Beijing.

Undang-undang China sangat mempersulit organisasi non pemerintah asing untuk mendaftar karena mereka harus mencari sponsor setempat, kata James Zimmerman, seorang pengacara di Beijing dan mantan ketua Kamar Dagang Amerika di China.

"Dalam pandangan saya (penahanan Kovrig) semata-mata karena alasan strategis," kata Zimmerman kepada kantor berita Associated Press.

Penahanan Kovrig dilakukan setelah Kanada menahan seorang eksekutif puncak jaringan peralatan dan pemasok ponsel Huawei Technologies pada tanggal 1 Desember ketika ia berganti pesawat di Vancouver. (my)

Recommended

XS
SM
MD
LG