Tautan-tautan Akses

Hakim Kanada Beri Jaminan kepada Eksekutif Huawei


FOTO ARSIP: CFO Huawei, Meng Wanzhou (kiri), yang ditangkap dengan jaminan ekstradisi, tampil di Pengadilan Tinggi British Columbia untuk mendengarkan sidang jaminan pembebasannya sebagai tampak dalam gambar artis di Vancouver, British Columbia, Kanada, 10 Desember 2018 (foto: Re

Hakim Kanada membebaskan eksekutif teknologi China Meng Wanzhou dengan jaminan sementara ia menunggu sidang ekstradisi ke Amerika.

Meng ditangkap di Bandara Vancouver dengan surat perintah Amerika hampir dua pekan lalu atas tuduhan melanggar sanksi Amerika terhadap Iran.

Hakim menetapkan uang jaminan 7,5 juta dolar dan menerapkan beberapa syarat pada Meng. Syarat itu mencakup, ia tetap tinggal di British Columbia, di rumah milik suaminya, dan tidak keluar rumah itu antara pukul 11 malam dan pukul enam pagi. Meng juga akan berada di bawah pengawasan 24 jam sehari.

Meng adalah kepala keuangan raksasa telekomunikasi China, Huawei Technologies - perusahaan yang didirikan ayahnya dan salah satu produsen ponsel terbesar di dunia. Nilai kekayaan keluarganya miliaran dolar.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan Meng berbohong kepada bank tentang kendali Huawei atas Skycom yang berbasis di Hong Kong - perusahaan yang diduga menjual barang Amerika ke Iran, melanggar sanksi Amerika terhadap Iran.

Jika dinyatakan bersalah di Amerika, Meng menghadapi hukuman penjara hingga 30 tahun. [ka]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG