Tautan-tautan Akses

China: Penahanan Eksekutif Huawei oleh Kanada 'Tidak Bermoral'


Sketsa persidangan dengan terdakwa Kepala Keuangan (CFO) Huawei Meng Wanzhou, yang ditangkap dengan surat penangkapan ekstradisi, di pengadilan Vancouver, British Columbia, Kanada, 7 Desember 2018.

China telah memanggil duta besar Kanada untuk memprotes penahanan seorang eksekutif perusahaan teknologi terkemuka China, Huawei. Pemerintah China menyebut penahanan tersebut "tidak masuk akal, tidak berbudi, dan tidak bermoral" dan memperingatkan akan "konsekuensi serius" apabila dia tidak dibebaskan.

Sebuah laporan Kantor Berita Xinhua yang dimuat di situs Kementerian Luar Negeri mengatakan Wakil Menteri Luar Negeri Le Yucheng telah memanggil Duta Besar John McCallum pada Sabtu (8/12) mengenai penahanan Kepala Pejabat Keuangan atau CFO Meng Wanzhou, yang dilaporkan diduga berupaya menghindari sanksi AS terhadap Iran.

Huawei adalah perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di dunia, dan telah menjadi sasaran dari mendalamnya kekhawatiran keamanan AS. AS telah menekan negara-negara Eropa dan sekutu lainnya untuk membatasi penggunaan teknologinya. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG