Tautan-tautan Akses

Kematian Aktor Singapura Soroti Risiko Wamil


Kenny Pang, kakak mendiang aktor Singapura Aloysius Pang, berbicara dalam sebuah konferensi pers setelah tiba di Bandara Changi di Singapura, Kamis, 24 Januari 2019 (foto: AP Photo/Yong Teck Lim)

Sebuah upacara pemakaman diadakan hari Minggu bagi seorang aktor sekaligus tentara Singapura yang tewas karena luka-luka ketika sedang latihan wajib militer.

Aloysius Pang, 28 tahun, sedang menjalani latihan militer di Selandia Baru akhir pekan kemarin saat dia terlindas ketika sedang memperbaiki sebuah kendaraan artileri. Dia tewas hari Kamis setelah menjalani beberapa pembedahan.

Dengan penduduk hanya 5.6 juta orang, Singapura menganggap wajib militer sebagai elemen penting dari strategi keamanan nasionalnya. Negara itu mewajibkan sebagian besar laki-laki setelah usia 18 tahun untuk mengabdi penuh waktu dalam angkatan bersenjata, polisi atau pertahanan sipil selama dua tahun. Setelah itu mereka masih harus diwajibkan untuk lapor dan ikut latihan militer beberapa minggu setahun sekali.

Mereka yang mengelak ditangkap dan dipenjara.

Pang adalah tentara wamil keempat yang tewas dalam latihan sejak akhir 2017. Kasus ini memicu berbagai seruan agar para tentara diberikan lebih banyak perlindungan, dan militer dituntut lebih akuntabel. [vm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG