Tautan-tautan Akses

Thailand Makamkan Kadet Militer yang Diduga Alami Serangan Fisik


Para anggota militer Thailand melakukan patroli di Bangkok (foto: ilustrasi). Militer Thailand diguncang kematian kadet Pakapong Tanyakan (18 tahun) yang tewas mengenaskan.

Seorang teruna angkatan darat Thailand yang kematiannya menuai perhatian nasional karena organ tubuhnya hilang secara misterius menunjukkan tanda-tanda dia mengalami serangan fisik, kata keluarganya hari Minggu (10/12), mengutip hasil otopsi menjelang pemakaman remaja tersebut.

Militer mengatakan Pakapong Tanyakan, 18 tahun, meninggal karena gagal jantung di sekolah militer di luar Bangkok pada bulan Oktober.

Tapi keluarganya - yang skeptis mengenai penyebab kematian resmi - melakukan pemeriksaan sendiri dan terkejut ketika mengetahui bahwa otak, jantung, kandung kemih, dan perut Pakapong hilang, misteri yang mempergencar tuduhan militer menutup-nutupi kebenaran, memicu kemarahan publik dan mengubah kasus ini menjadi berita nasional.

Temuan baru ini menambah tekanan pada militer negara tersebut untuk menjelaskan apa yang terjadi pada kadet tahun pertama itu. Kasusnya meningkatkan kekhawatiran tentang perlakuan terhadap wajib militer baru.

Empat perwira telah dipindahkan dan mantan panglima militer dan sekarang - Perdana Menteri Prayuth Chan Ocha mengatakan bahwa dia sangat menyesalkan kematian tersebut. [as]

XS
SM
MD
LG