Tautan-tautan Akses

Kelompok Sirkus Modern 'Ringling Brothers' Resmi Bubar


Sirkus "Ringling Brothers dan Barnum & Bailey" saat menggelar pertunjukan di Providence, Rhode Island, 1 Mei 2016. (Foto: dok).

Kelompok sirkus yang membanggakan diri sebagai penyaji “Pertunjukan Terhebat di Dunia” akhirnya secara resmi bubar setelah 146 tahun beroperasi.

Sirkus "Ringling Brothers and Barnum & Bailey" menampilkan pertunjukkan terakhirnya Minggu (21/5) di Uniondale, New York, sekitar 50 kilometer dari timur kota New York.

Para eksekutif perusahaan sirkus itu mengatakan, pertunjukkan hewan liar, akrobat, badut dan atraksi lain yang telah menghibur penonton lebih dari satu abad tidak bisa menghadapi persaingan dengan telepon pintar, internet dan video game.

Mereka mengatakan, penjualan tiket menurun setelah sirkus itu tidak lagi mempertontonkan atraksi gajah pada Mei 2016. Atraksi gajah dihentikan menyusul protes dari para aktivis hak hewan yang mengatakan bahwa memaksa hewan melakukan pertunjukan dan membawa mereka keliling Amerika merupakan tindakan penyiksaan.

Pimpinan Sirkus Kristen Michelle Wilson (kanan) memeluk salah seorang anggotanya seusai penampilan terakhir kelompok sirkus tersebut di Providence, Rhode Island, 7 Mei 2017 (Foto: dok).
Pimpinan Sirkus Kristen Michelle Wilson (kanan) memeluk salah seorang anggotanya seusai penampilan terakhir kelompok sirkus tersebut di Providence, Rhode Island, 7 Mei 2017 (Foto: dok).

Kelompok sirkus modern "Ringling Brothers dan Barnum & Bailey" selalu menampilkan binatang eksotis, kostum gemerlap, dan akrobat menantang maut. Kelompok ini merupakan gabungan dari dua kelompok sirkus yang berbeda, yakni Phineas Taylor Barnum dan Ringling Brothers.

Barnum menciptakan tontonan keliling populer dengan menampilkan aneka hewan dan polah tingkah keganjilan manusia, sementara lima bersaudara Ringling menggelar aksi sulap dengan bola dan sandiwara di markasnya di Wisconsin.

Keluarga Ringling mengoperasikan sirkus ini hingga 1967, sebelum akhirnya menjualnya ke Feld Entertainment. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG