Tautan-tautan Akses

AS

Kelompok Sirkus Terkemuka AS Gelar Pertunjukkan Terakhir di New York


Seekor Gajah Asia tampil saat dikumandangkannya lagu kebangsaan dalam penampilan terakhir kalinya dalam Sirkus Ringling Brothers dan Barnum & Bailey, 1 Mei 2016, di Providence, Rhode Island. (Foto: dok).

Ringling Brothers dan Barnum & Bailey, kelompok sirkus yang memproklamirkan diri sebagai penyaji "Pertunjukan Terhebat di Muka Bumi” secara resmi akan mengakhiri pertunjukkanya Minggu (21/5) setelah 136 tahun beroperasi.

“Setelah melangsungkan banyak diskusi, keluarga saya memutuskan bahwa dengan menurunnya penjualan tiket, menutup Ringling Brothers adalah keputusan bisnis terbaik,” kata Alana Feld, wakil presiden eksekutif Feld Entertainment, pemilik kelompok sirkus ikonik itu.

Sejumlah pejabat perusahaan itu sebelumnya menyebutkan tidak hanya penjualan tiket yang menurun yang menjadi penyebab diambilnya keputusan tersebut. Mereka mengatakan, biaya operasional yang tinggi, perubahan selera publik dan perseteruan berkepanjangan melawan sejumlah kelompok hak-hak binatang ikut mempengaruhi keputusan tersebut.

Keputusan untuk menutup Ringling Brothers sebetulnya telah diumumkan sejak Januari lalu. Sebagai ungkapan terima kasih, sirkus itu menggelar 30 pertunjukkan antara Januari dan Mei. Pertunjukkan terakhir digelar di Nassau County Coliseum, Uniondale, New York, pada 21 Mei.

Kelompok sirkus modern Ringling Brothers dan Barnum & Bailey selalu menampilkan binatang eksotis, kostum gemerlap, dan akrobat menantang maut. Kelompok ini merupakan gabungan dari dua kelompok sirkus yang berbeda, yakni Phineas Taylor Barnum dan Ringling Brothers. Barnum menciptakan tontonan keliling populer dengan menampilkan aneka hewan dan polah tingkah keganjilan manusia, sementara lima bersaudara Ringling menggelar aksi sulap dengan bola dan sandiwara di markasnya di Wisconsin.

Keluarga Ringling mengoperasikan sirkus ini hingga 1967, sebelum akhirnya menjualnya ke Feld Entertainment. [ab]

XS
SM
MD
LG