Tautan-tautan Akses

AS

Kapal Rumah Sakit Mercy Berlayar Menuju Los Angeles


Kapal rumah sakit AL Amerika Serikat USNS Mercy di San Diego, bersiap berlayar, 23 Maret 2020.

Kapal rumah sakit Angkatan Laut Amerika, USNS Mercy, telah meninggalkan pelabuhannya di San Diego menuju Los Angeles, Senin (23/3), untuk ikut membantu kota itu menangani sejumlah besar kasus virus corona.

“Ini adalah hari besar bagi Mercy, kedokteran Angkatan Laut dan respons nasional kita terhadap pandemi virus corona,” kata Kapten AL John Rotruck, komandan kapal itu.

Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan kepada para wartawan di Pentagon, Senin (23/3), bahwa Departemen Pertahanan kini bekerja sama dengan Badan Manajemen Darurat Federal (Federal Emergency Management Agency/FEMA) untuk mengatur kondisi kedatangan Mercy di Los Angeles akhir pekan ini.

Dua kapal rumah sakit militer Amerika dan aset militer lainnya, seperti rumah sakit lapangan, akan memberikan perawatan gawat darurat dan mendesak. Namun fasilitas-fasilitas tersebut tidak akan merawat pasien virus corona karena tidak dirancang dengan ruang terpisah yang diperlukan untuk mengobati penyakit menular.

Rumah sakit militer dan rumah sakit lapangan yang dikirim ke kota-kota yang kewalahan akan menggantikan tempat tidur rumah sakit dan tenaga medis setempat sehingga mereka dapat mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk mengisolasi dan merawat orang-orang yang menderita akibat COVID-19 yang sangat menular.

Menhan Esper mengatakan, Senin (23/3), Mercy akan fokus untuk membantu “beberapa rumah sakit yang paling kewalahan di Los Angeles.” [lt/pp]

XS
SM
MD
LG