Tautan-tautan Akses

Kapal Induk AS Menuju Vietnam, Beri Pesan kepada China 


Pesawat-pesawat tempur AS terbang di atas kapal induk USS Carl Vinson (foto: ilustrasi).

Untuk pertama kali sejak berakhirnya Perang Vietnam, sebuah kapal induk Amerika Serikat dijadwalkan berlabuh di Vietnam hari Senin (5/3), menandakan bagaimana meningkatnya pengaruh China telah mendorong mantan musuh bekerja sama dalam perubahan lanskap geopolitik yang signifikan kawasan itu.

Kapal induk tersebut, Carl Vinson, akan berlabuh di Danang, kota pelabuhan utama Vietnam yang dulu berfungsi sebagai pelabuhan utama Amerika dalam perang di negara itu.

"Ini adalah langkah yang besar dan bersejarah, karena kapal induk belum pernah berada di sini dalam 40 tahun terakhir," kata Laksamana Muda John V. Fuller, komandan satuan tugas kapal perang Carl Vinson, yang ayahnya pernah bertugas di Vietnam.

Kedatangan Carl Vinsondan kapal-kapal pendampingnya yang membawa 5.500 pelaut akan menandai pertama kalinya sebuah kontingen besar tentara Amerika mendarat di tanah Vietnam sejak pasukan terakhir Amerika ditarik pada tahun 1975.

Selama berlabuh empat hari, personil kapal induk itu akan mengunjungi sebuah panti asuhan dan sebuah pusat korban Agen Oranye, bahan beracun yang digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk menggunduli hutan, yang telah meracuni beberapa generasi orang Vietnam. [as/ii]

XS
SM
MD
LG