Tautan-tautan Akses

Perusahaan Korsel Temukan Minyak di Laut Cina Selatan


Dek kapal pengangkut, penyimpanan dan pembongkaran produksi Bluewater, Munin, mengapung di ladang minyak Lufeng, 250 kilometer tenggara Hong Kong di Laut Cina Selatan. (Foto: dok).

Penemuan minyak oleh perusahaan Korea Selatan yang tidak menghadapi tentangan di laut yang diklaim oleh enam negara menunjukkan bagaimana negara luar dapat menuai sumber daya maritim tanpa menambah perselisihan politik selama puluhan tahun.

Perusahaan penyulingan minyak Korea Selatan, SK Innovation Co., menemukan minyak mentah di ladang China di Laut Cina Selatan, kata perusahaan itu hari Kamis.

Baca juga: Vietnam Tuntut China Pindahkan Anjungan Minyak

Ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan dari negara yang tidak mempunyai klaim di Laut Cina Selatan yang kaya sumber-daya alam dapat menemukan minyak dan gas alam dengan membuat kontrak dengan salah satu negara yang mempunyai klaim di laut itu. Negara-negara tersebut biasanya menyewakan blok-blok zona ekonomi eksklusif mereka yang selebar 370 kilometer itu, bukan daerah yang lebih jauh di laut di mana konflik lebih mungkin terjadi, kata para analis. [gp]

XS
SM
MD
LG