Tautan-tautan Akses

Kanada Berlakukan Tarif Balasan terhadap Produk AS


ARSIP - Presiden AS, Donald Trump, berjumpa dengan PM Kanada, Justin Trudeau, dalam pertemuan puncak G-7 harhi Jumat 8 Juni 2018 di Charlevoix, Kanada (foto: AP Photo/Evan Vucci)
ARSIP - Presiden AS, Donald Trump, berjumpa dengan PM Kanada, Justin Trudeau, dalam pertemuan puncak G-7 harhi Jumat 8 Juni 2018 di Charlevoix, Kanada (foto: AP Photo/Evan Vucci)

Kanada mulai menerapkan tarif hari Minggu (1/7) terhadap barang-barang AS bernilai 12.6 miliar dolar sebagai balasan atas kebijakan pemerintahan Trump yang menerapkan pajak baru atas impor baja dan alumunium.

Tarif balasan Kanada terhadap produk-produk Amerika mulai berlaku hari Minggu 1 Juli ini, menyusul dikenakannya tarif impor baru oleh pemerintahan Presiden Amerika Donald Trump terhadap baja dan aluminium Kanada.

Kantor Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyebutkan dalam suatu pernyataan bahwa perdana menteri “tidak punya pilihan kecuali mengumumkan langkah balasan yang setimpal terhadap tarif impor baja dan aluminium yang diberlakukan Amerika Serikat pada 1 Juni 2018.”

Perdana Menteri Trudeau dan Presiden Trump berbicara Jumat malam untuk membahas perdagangan dan isu-isu ekonomi lainnya, sebut Gedung Putih hari Sabtu. Kedua pemimpin sepakat untuk tetap berhubungan erat ke depannya, sebut kantor perdana menteri Trudeau.

Percakapan telepon antara kedua pemimpin itu merupakan komunikasi pertama mereka sejak KTT G-7 di Quebec, Kanada, pada Juni lalu. Usai pertemuan itu, Trump mengeluarkan cuitan bahwa Trudeau “lemah” dan “tidak jujur.”

Trudeau hari Jumat juga berbicara dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Neito untuk memberitahu perkembangan terbaru mengenai respons Kanada atas tarif impor yang diberlakukan Amerika.

Produk-produk Amerika yang dikenai tarif oleh Kanada mencakup saus tomat, mesin pemotong rumput dan perahu bermotor.

Berbicara hari Minggu (1/7) di Leamington, Ontario, Perdana Menteri Justin Trudeau berterima kasih kepada warga Kanada karena bersatu menentang sanksi-sanksi Presiden Donald Trump. Dia mendesak warga Kanada untuk "mempertimbangkan baik-baik" apakah akan membeli produk AS atau tidak.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan penetapan tarif-tarif itu disesalkan. Ia mengemukakan bagaimanapun Kanada tidak akan memperuncing masalah dan tidak akan mundur.

Sebagian tarif Kanada terhadap produk-produk Amerika merupakan target yang berlatar belakang politik.

Sebagai contoh, Kanada mengimpor yogurt bernilai 3 juta dolar, yang sebagian besar berasal dari pabrik di Wisconsin, negara bagian asal Ketua DPR Amerika Paul Ryan. Yogurt Amerika kini akan dikenai pajak 10 persen.

Wiski juga masuk daftar tarif Kanada tersebut. Wiski kebanyakan berasal dari Tennessee dan Kentucky.

Kentucky adalah negara bagian asal ketua Senat, Mitch McConnell dari partai Republik. [uh]

XS
SM
MD
LG