Tautan-tautan Akses

Trump Soroti Kebijakan Ekonominya pada Peresmian Pabrik Foxconn


Presiden Donald Trump melambaikan tangan setelah berpidato di fasilitas milik Foxconn, hari Kamis, 28 Juni 2018, di Mt. Pleasant, Wis. (foto: AP Photo/Evan Vucci)
Presiden Donald Trump melambaikan tangan setelah berpidato di fasilitas milik Foxconn, hari Kamis, 28 Juni 2018, di Mt. Pleasant, Wis. (foto: AP Photo/Evan Vucci)

Presiden Donald Trump menyoroti kebijakan ekonominya hari Kamis, dalam acara peletakan batu pertama kompleks pabrik Foxconn bernilai $10 miliar yang akan menciptakan ribuan bidang pekerjaan, di negara bagian Wisconsin yang nyaris tidak dimenangkannya dalam pemilihan presiden 2016.

Acara itu dibayangi oleh pengumuman Harley-Davidson bahwa perusahaan sepeda motor besar itu sedang memindahkan sebagian produksinya ke luar negeri untuk menghindari tarif Uni Eropa karena adanya sengketa perdagangan yang dipicu oleh Presiden Trump yang mengenakan tarif impor tinggi bagi barang-barang buatan luar negeri.

Presiden jengkel oleh pengumuman perusahaan yang bermarkas di Milwaukee itu minggu ini dan mencuit selama tiga hari berturut-turut, bahwa setiap pergeseran dalam proses produksi "akan menjadi permulaan dari hancurnya" produsen Amerika yang terkenal itu dan bahkan mengancam akan mengenakan pajak khusus bagi produknya yang diimpor ke Amerika.

Kehadiran Trump di Wisconsin menuai protes di Milwaukee, di mana ia menginap semalam. Para pengunjuk rasa berkumpul di dekat kampus Foxconn Technology Group di Mount Pleasant, sekitar 55 km selatan Milwaukee. Hampir 40 kelompok yang mewakili mahasiswa, pegiat lingkungan, pendukung hak-hak sipil, guru, serikat pekerja dan lain-lain menyelenggarakan acara yang menampilkan puluhan pembicara, band, penyanyi dan pemusik.

Proyek Foxconn bisa mempekerjakan hingga 13.000 orang, tetapi para penentang mengatakan, proyek itu akan membebani pembayar pajak Wisconsin. Upacara peletakan batu pertama itu tadinya diperkirakan akan menjadi bukti bahwa kebangkitan manufaktur dipicu oleh kebijakan Trump yang “mengutamakan Amerika." Tetapi pengumuman Harley-Davidson, yang dipicu oleh sengketa pajak trans-Atlantik, tampaknya telah mengubah semua itu.

Gubernur Wisconsin, Scott Walker mengandalkan ekonomi yang kuat agar ia terpilih kembali pada bulan November. Pengangguran di Wisconsin berada pada rekor terendah dan Walker berpendapat, proyek Foxconn, proyek pembangunan ekonomi terbesar dalam sejarah negara bagian Wisconsin, berada di jalur yang benar.

Kalau Foxconn mempekerjakan 13.000 pekerja seperti yang diharapkan, itu akan menjadi perusahaan sektor swasta terbesar di Wisconsin. "Produk-produk canggih Foxconn akan dibuat dengan bangga di negara bagian Wisconsin!" Walker mencuit Selasa, ketika ia berusaha mengalihkan fokus dari masalah Harley-Davidson.

Foxconn, yang kantor pusatnya di Taiwan adalah produsen elektronik terbesar di dunia yang merakit iPhone milik Apple dan produk lain untuk perusahaan-perusahaan teknologi. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG