Tautan-tautan Akses

AS

Jumlah Mahasiswa Asing di AS Mencapai Rekor Tahun Kedua Berturut-turut


Jumlah mahasiswa asing yang kuliah di Amerika mencapai 1, 08 juta orang, meningkat tiga oersen dari tahun lalu. (Foto: ilustrasi).

Lebih dari sejuta mahasiswa asing sedang kuliah di Amerika Serikat untuk tahun kedua berturut-turut, menurut laporan baru yang dirilis hari Senin (13/11).

Laporan Pintu Terbuka Tahun 2017 mengenai mahasiswa internasional itu mengemukakan bahwa dalam tahun ajaran 2016/2017, Amerika mempunyai jumlah rekor mahasiswa asing 1,08 juta orang. Ini merupakan peningkatan tiga persen dari tahun lalu.

Namun, laporan itu mengemukakan bahwa sekalipun jumlah mahasiswa asing di Amerika meningkat, jumlah mahasiwa baru tidak meningkat. Stagnasi ini disebabkan oleh keadaan ekonomi sedunia dan setempat, termasuk pengurangan besar beasiswa pemerintah Saudi dan Brazil bagi warga mereka untuk kuliah di luar negeri.

Jumlah tersebut mencerminkan apa yang disebut laporan Pintu Terbuka itu “kecenderungan mendatar” jumlah mahasiswa asing yang memilih kuliah di universitas-universitas Amerika, kecenderungan yang kata laporan itu sudah berlangsung hampir dua tahun.

Jumlah warga Amerika yang kuliah di luar negeri juga meningkat 4 persen, dan mahasiswa Amerika sebagian besar memilih kuliah di universitas-universitas Eropa. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG