Tautan-tautan Akses

AS

Jaksa Agung AS akan Beri Pandangan atas Laporan Mueller


Jaksa Agung Amerika, William Barr (foto: dok).

Jaksa penyidik khusus Robert Mueller Jumat sore (22/3) menyerahkan laporan akhir hasil penyelidikan tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika tahun 2016 kepada Jaksa Agung William Barr. Penyelidikan ini sudah membayang-bayangi pemerintahan Presiden Donald Trump dan membuat beberapa pembantu dekatnya diminta pertanggungjawaban di pengadilan.

Laporan komprehensif yang masih rahasia itu menandai berakhir penyelidikan Mueller. Langkah selanjutnya tergantung pada Barr, Kongres dan tampaknya pengadilan federal.

Departemen Kehakiman mengatakan laporan itu disampaikan oleh seorang petugas keamanan ke kantor Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein. Kabar penyerahan laporan itu menimbulkan reaksi luas di seluruh Amerika, khususnya ibukota Washington DC. Tak lama setelah beredarnya kabar itu, Barr mengeluarkan surat yang menyatakan rencananya untuk menulis penilaiannya sendiri atas temuan-temuan Mueller.

Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pihaknya belum melihat atau diberi penjelasan tentang dokumen itu. Langkah selanjutnya “tergantung pada Jaksa Agung William Barr,” ujar juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders.

Barr mengatakan akan segera mengirim pandangannya atas laporan itu ke Kongres. (em)

XS
SM
MD
LG