Tautan-tautan Akses

Israel Larang Kunjungan Dua Anggota DPR AS


Anggota DPR AS dari Partai Demokrat: Rashida Tlaib (kiri) dan Ilhan Omar berbicara di Capitol Hill, Washington DC.
Anggota DPR AS dari Partai Demokrat: Rashida Tlaib (kiri) dan Ilhan Omar berbicara di Capitol Hill, Washington DC.

Pemerintah Israel hari Kamis (15/8) melarang dua anggota DPR Amerika berkunjung ke negara itu, tampaknya atas permintaan Presiden Donald Trump.

Anggota DPR Ilham Omar dan Rashida Tlaib adalah pengecam keras Israel karena perlakuannya terhadap warga Palestina. Kedua anggota DPR itu sedianya akan berkunjung ke Israel dan beberapa kota di Tepi Barat dalam beberapa hari ke depan.

Wakil Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Hotovely mengatakan, “Kami tidak akan membiarkan orang-orang yang menolak eksistensi kami masuk ke Israel."

"Ini adalah keputusan yang sangat bisa dibenarkan," tambahnya.

Tidak lama sebelum keputusan itu keluar, Presiden Donald Trump mencuit: “Kalau Israel mengizinkan kunjungan Omar dan Tlaib, itu akan menunjukkan kelemahan besar. Kedua orang itu benci pada Israel dan rakyat Israel, dan tidak ada apapun yang bisa dilakukan untuk mengubah pendirian mereka.”

Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan komentar Trump itu “adalah tanda kebodohan dan penghinaan yang tidak sesuai dengan martabat jabatan kepresidenan.”

Pelosi mengatakan, penolakan kunjungan Omar dan Tlaib menunjukkan “kelemahan Israel yang tidak sesuai dengan martabat negara Israel yang besar.” (ii)

XS
SM
MD
LG