Tautan-tautan Akses

AS

Irjen Departemen Kehakiman AS: Tak Ada Bias Politik FBI dalam Pilpres 2016


Inspektur Jenderal Departemen Kehakiman AS, Michael Horowitz, memberikan kesaksian di hadapan Komite Pengawasan dan Reformasi Pemerintah di Capitol Hill di Washington, AS, 18 September 2019 (Foto: Reuters / Jonathan Ernst)

Inspektur Jenderal Departemen Kehakiman AS Michael Horowitz, Rabu (11/12), memberikan kesaksian di muka Komisi Kehakiman DPR untuk menjelaskan laporannya yang mengatakan tidak ada bias politik dalam penyelidikan yang dilancarkan FBI tentang campur tangan Rusia dalam Pilpres Amerika tahun 2016.

Michael Horowitz mengeluarkan laporan itu pada hari Senin (9/10), membantah klaim Presiden Trump bahwa penyelidikan oleh FBI itu adalah “usaha mencari-cari kesalahan untuk mendongkelnya.”

Presiden Trump mengatakan laporan itu setidaknya mengukuhkan adanya “usaha penggulingan pemerintah, yang jauh lebih buruk dari yang diperkirakannya semula.”

Trump hari Selasa (11/12) mengecam direktur FBI Christopher Wray yang mengatakan lewat televisi bahwa penyelidikan itu diadakan sesuai syarat-syarat dan otorisasi yang ada. Tapi Wray juga mencatat bahwa FBI membuat sejumlah kesalahan dalam penyelidikan itu.

“Saya tidak tahu laporan apa yang dibaca oleh direktur FBI Wray, tapi yang pasti bukan yang saya baca,” kata Trump lewat Twitter. Karena itu, tambahnya, ia, Wray, tidak akan pernah bisa memperbaiki kinerja FBI yang sudah rusak gawat, walaupun banyak orang hebat yang bekerja disana. [ii/em]

XS
SM
MD
LG