Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Laporan Inspektur Jenderal Ungkap Upaya 'Penggulingan' Pemerintah


Presiden AS Donald Trump menyampaikan pernyataan tentang dukungannya terhadap pengesahan perjanjian perdagangan AS-Meksiko-Kanada (USMCA) selama kunjungan ke Milwaukee, Wisconsin, 12 Juli 2019. (Foto: Reuters)

Presiden Donald Trump bereaksi marah terhadap perilisan laporan inspektur jenderal Departemen Kehakiman yang sangat ditunggu-tunggu untuk menyelidiki asal-usul penyelidikan Rusia.

Berbicara di Ruang Kabinet, Trump mengatakan ia telah diberi penjelasan singkat mengenai temuan-temuan laporan tersebut dan mengatakan jauh lebih buruk daripada yang pernah dibayangkannya.

"Mereka mengarang bukti dan berbohong kepada pengadilan dan melakukan segala macam cara untuk melakukan keinginan mereka," kata Trump kepada wartawan dan menambahkan laporan itu menunjukkan upaya penggulingan pemerintah.

Terlepas dari komentar Trump, inspektur jenderal mendapati FBI dibenarkan dalam membuka penyelidikannya dan tidak bertindak bias secara politik.

Inspektur Jenderal itu mengatakan ada "kegagalan kinerja yang serius" di rantai komando biro itu, tetapi tidak ada yang mendukung klaim Trump bahwa ia target dari upaya "mencari-cari kesalahan." [my/ah]

XS
SM
MD
LG