Tautan-tautan Akses

Insinyur Sipil: Nilai Infrastruktur AS C-minus


Sistem angkutan umum bawah tanah (subway) di kota New York (foto: ilustrasi).
Sistem angkutan umum bawah tanah (subway) di kota New York (foto: ilustrasi).

Nilai untuk kondisi infrastruktur di Amerika adalah C-minus, kata American Society of Civil Engineers, Rabu (3/3). Kondisi itu dibiarkan selama bertahun-tahun oleh pemerintah federal sehingga kondisi jalan dan jembatan memburuk sedangkan bandara, pasokan air dan sistem angkutan umum perlu ditingkatkan.

Para insinyur sipil itu mengatakan Amerika perlu dana $5,9 triliun dalam 10 tahun ke depan, sekitar $2,6 triliun lebih banyak daripada yang biasa dibutuhkan untuk menjaga infrastruktur pada tingkat yang aman.

Organisasi itu mengatakan nilai C minus - yang pas-pasan untuk lulus dalam sistem akademik di Amerika - mencerminkan "kelemahan yang signifikan," meskipun nilai itu sedikit naik dari D-plus pada tahun 2017, antara lain berkat upaya pemerintah negara bagian, lokal, dan sektor swasta memperbaiki kebocoran terutama jaringan-jaringan air.

Namun, para insinyur mengatakan, dari 17 kategori penilaian, 11 dinilai D yang menunjukkan "kerusakan yang signifikan" dengan "risiko kegagalan yang kuat," misalnya untuk angkutan umum, infrastruktur air kotor, bandara, jalan raya dan jalan bebas hambatan.

Organiasi itu memberi nilai C untuk jembatan, energi, air minum dan pembuangan limbah padat, dan hanya dua bidang: pelabuhan dan layanan kereta api, yang mendapat nilai B.

Anggaran infrastruktur sering dibahas, tetapi jarang ditindaklanjuti karena pemerintah dan anggota DPR tidak sepakat mengenai infrastruktur apa yang harus diperbaiki dan dari mana dananya akan digalang.[ka/jm]

XS
SM
MD
LG