Tautan-tautan Akses

Senat AS Konfirmasi Pete Buttigieg sebagai Menteri Perhubungan


Pete Buttigieg hadir dalam sidang konfirmasi di Senat AS (foto: dok).
Pete Buttigieg hadir dalam sidang konfirmasi di Senat AS (foto: dok).

Senat Amerika hari Selasa (2/1) mengkonfirmasi Pete Buttigieg sebagai menteri perhubungan dalam kabinet Presiden Biden.

Mantan Walikota South Bend, Indiana, mengirim cuitan dan katanya, dia merasa “diberi penghormatan dan juga merasa dirinya kecil” oleh hasil pemungutan suara Senat dengan selisih 86 – 13, dan dia “siap untuk bertugas.”

Buttigieg, yang merupakan salah satu kandidat dalam nominasi Partai Demokrat, adalah tokoh gay pertama yang mengisi jabatan di dalam kabinet.

Menteri berusia 39 tahun itu akan memainkan peran penting dalam melaksanakan agenda pembangunan kembali infrastruktur dan penanggapan terhadap perubahan iklim.

Dia bertanggung jawab atas pengoperasian sebuah badan federal dengan 55 ribu pegawai dan anggaran bernilai miliaran dolar.

Dia bertekad untuk secara cepat menggalakkan faktor keselamatan dan kepercayaan konsumen atas sistem transportasi Amerika, seperti penerbangan, sistem angkutan kereta api dan bus, serta perusahaan Amtrak.

Buttigieg juga memainkan peran penting dalam melaksanakan rencana iklim dan infrastruktur Biden yang bernilai $ 2 triliun yang difokuskan pada pembangunan kembali jalan-jalan dan jembatan, memperluas sistem angkutan publik dengan emisi nol, serta membangun 500 ribu stasiun pengisian daya kendaraan listrik dalam dekade yang akan datang.

Selama sidang konfirmasinya, beberapa senator Republik mempertanyakan biaya dan lingkup rencana Biden untuk membangun kembali infrastruktur negara, khususnya mempertanyakan niat pemerintah untuk mengalihkan dana federal bagi inisiatif iklim. [jm/em]

XS
SM
MD
LG